Uji Regresi Sederhana dengan SPSS Lengkap

Uji Regresi Sederhana dengan SPSS Lengkap | Analisis regresi sederhana digunakan untuk memprediksi atau menguji pengaruh satu variabel bebas atau variabel independent terhadap variabel terikat atau variabel dependent. Bila skor variabel bebas diketahui maka skor variabel terikatnya dapat diprediksi besarnya. Analisis regresi juga dapat dilakukan untuk mengetahui linearitas variabel terikat dengan variabel bebasnya.

Analisis regresi linear sederhana terdiri dari satu variabel bebas (predictor) dan satu variabel terikat (respon), dengan persamaan :

Y = a + bX

Keterangan :
Y : Variabel terikat
a : Konstanta regresi
bX : Nilai turunan atau peningkatan variabel bebas

DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN UJI REGRESI SEDERHANA
Pengambilan keptusan dalam uji regresi sederhana dapat mengacu pada dua hal, yakni dengan membandingkan nilai t hitung dengan t tabel, atau dengan membandingkan nilai signifikansi dengan nilai probabilitas 0,05.

Membanginkan nilai t hitung dan t tabel:
  1. Jika nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, artinya variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat.
  2. Jika nilai t hitung tidak lebih besar dari nilai t tabel, artinya variabel bebas tidak berpengaruh terhadap variabel terikat.

Membandingkan nilai signifikansi dengan probabilitas 0,05:
  1. Jika nilai signifikansi tidak lebih dari nilai probabilitas 0,05, artinya variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat.
  2. Jika nilai signifikansi lebih dari nilai probabilitas 0,05, artinya variabel bebas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat.

Setelah mengetahui tujuan dan dasar pengambilan keputusan dalam uji regresi sederhana, selanjutnya kita masuk praktek uji regresi sederhana dengan menggunakan contoh penelitian dibawah ini.

Contoh Judul Penelitian : Pengaruh Trust (Kepercayaan) pada calon presiden terhadap partisipasi dalam pemilihan umum.

Identifikasi variabel penelitian : Variabel bebas (X) adalah Trust, sedangkan variabel terikat (Y) adalah Partisipasi.

Sebaiknya untuk latihan sobat download dulu data variabel X dan Y yang saya gunakan untuk praktek dalam artikel ini : DOWNLOAD DATA

LANGKAH-LANGKAH UJI REGRESI SEDERHANA DENGAN SPSS
1. Buka data penelitian yang sudah sobat di atas, tampilan datanya sebagaimana gambar di bawah ini.

Uji Regresi Sederhana SPSS dengan Lengkap

2. Dari menu SPSS, pilih menu Analyze, kemudian regression, lalu klik Linear. Maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut:

Uji Regresi Sederhana SPSS dengan Lengkap

3. Masukkan varibel Partisipasi ke kolom Dependent, dan masukkan variabel Trust ke kolom Independent(s). Pada Method kita pilih metode Enter.

Uji Regresi Sederhana SPSS dengan Lengkap

4. Klik Statistics, lalu berikan tanda pada Estimates dan Model Fit, Kemudian Klik Continue.. Terakhir klik Ok untuk mengakhiri perintah.

Uji Regresi Sederhana SPSS dengan Lengkap

OUTPUT SPSS DAN PENJELASANNYA :

Uji Regresi Sederhana SPSS dengan Lengkap

Output Bagian Pertama (Variabel Entered/removed) : Tabel di atas menjelaskan tentang variabel yang dimasukkan atau dibuang dan metode yang digunakan. Dalam hal ini variabel yang dimasukkan adalah variabel nilai Trust sebagai predictor dan metode yang digunakan adalah metode Enter.

Uji Regresi Sederhana SPSS dengan Lengkap

Output Bagian Kedua (Model Summary) : Tabel di atas menjelaskan besarnya nilai korelasi/ hubungan (R) yaitu sebesar 0,463 dan dijelaskan besarnya prosentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yang disebut koefisien determinasi yang merupakan hasil dari penguadratan R. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,215, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Trust) terhadap variabel terikat (Partisipasi) adalah sebesar 21,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Uji Regresi Sederhana SPSS dengan Lengkap

Output bagian Ketiga (ANOVA) : Pada bagian ini untuk menjelaskan apakah ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel Trust (X) terhadap Variabel Partisipasi (Y). Dari output tersebut terlihat bahwa F hitung = 13,951 dengan tingkat signifikansi / Probabilitas 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi

Uji Regresi Sederhana SPSS dengan Lengkap

Output Bagian Keempat (Coefficients) : Pada tabel Coefficients, pada kolom B pada Constant (a) adalah 9,481, sedang nilai Trust (b) adalah 0,438, sehingga persamaan regresinya dapat ditulis :

Y = a + bX atau 9,481 + 0,438X

Koefisien b dinamakan keofisien arah regresi dan menyatakan perubahan rata-rata variabel Y untuk setiap perubahan variabel X sebesar satu satuan. Perubahan ini merupakan pertabahan bila b bertanda positif dan penurunan bila b bertanda negatif. Sehingga dari persamaan tersebut dapat diterjemahkan :
  1. Kostanta sebesar 9,481 menyatakan bahwa jika tidak ada nilai Trust maka nilai Partisipasi sebesar 9,481.
  2. Koefisien regresi X sebesar 0,438 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai Trust, maka nilai Partisipasi bertambah sebesar 0,438

MAKNA HASIL UJI REGRESI SEDERHANA
Selain mengganbarkan persamaan regresi output ini juga menampilan uji signifikansi dengan uji t yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel Trust (X) sendiri (partial) terhadap variabel Partispasi (Y).

HIPOTESIS :
  1. Ho : Tidak ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel Trust (X) terhadap variabel Partispasi (Y).
  2. H1 : Ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel Trust (X) terhadap variabel Partispasi (Y).

Dari output di atas dapat diketahui nilai t hitung = 3,735 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti Ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel Trust (X) terhadap variabel Partispasi (Y).

Maaf yaw temen-temen jika penjelasannya panjaaaaaAAAAAng sekali, selamat mencoba, dan semoga berhasil..

Catatan-untuk memperjelas pemahaman sobat ada baiknya simak video berikut : Video Uji Regresi Linear Sederhana dengan SPSS Sangat Detail

[Search : Uji Regresi Sederhana dengan SPSS Lengkap, Langkah-langkah Analisis Regresi Sederhana SPSS, Dasar pengambilan keputusan dalam uji Regresi Sederhana SPSS, uji t dalam analisis regresi sederhana]
[Img : Arsip Admin dari Program SPSS versi 21]
[Source : Widiyanto, Joko. 2012. SPSS For Windows. Surakarta: Badan Penerbit-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta]
Lihat Juga: VIDEO Uji Regresi Sederhana dengan SPSS

221 Responses to "Uji Regresi Sederhana dengan SPSS Lengkap"

  1. mas mau tanya
    data saya menggunakan uji t, tapi tidak ada pengaruh signifikan padahal udah di transform, supaya berpengaruh bisa mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak berpengaruh, bisa pakai prediksi data jika menggunakan data kategori, namun jika pakainya data skunder hasil tidak berpengaruh saya kira bukan menjadi masalah mas, mudah2an terjawab

      Hapus
  2. Balasan
    1. sama-sama mudah2an bermanfaat.. tunggu kunjunganya lagi,hehe

      Hapus
  3. mohon bantuannya...nanya?menghitung analisis regresi it sesudah valid angketnya atau belum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap pak.. sudah beres kok hasilnya.. mudah2an memuskan pak carno.. terimakasih

      Hapus
  4. Salam...
    sangat membantu mas n makasih udah share... kebetulan saya juga lagi belajar dan sering bantu teman2 dalam masalah statistik, buat nambah ilmu.. hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wassalam... iya mas.. sama-sama... mudah-mdahan bermanfaat...

      Hapus
  5. ,mas jika hasil t hitung negatif???

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai t hitung negatif tapi signifikan atau gak? jika sigifikan tetap bisa dikatakan bahwa hasil uji berpengaruh signifikan tapi arah peranguhnya adalah negatif

      Hapus
  6. mau tanya ni.. kalau hasil t hitung angkanya besar-besar gimana? misal 19,10..23,59...86,09... itu bagaimana/bisa diterima apa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa seperti itu mbak.. coba dicek lagi caranya sudah sesuai atau belum?

      Hapus
  7. Klo regresi sederhana untuk uji asumsi klasik nya pakai uji apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya memakai uji normalitas dan uji heteroskedastisitas.. namun jika mas menggunakan data timeseries maka ditambah uji autokorelasi mas.. mudah-mudahan terjawab

      Hapus
    2. Assalamuallaikum mas.. kalo uji normalitas, ada persyaratan berapa minimal data populasi/sampel ndak mas? soalnya denger" kalo datanya kurang dari 100, tidak perlu uji normalitas.. terima kasih

      Hapus
    3. Memang saya pernah dengar ada yang mengatakan normalitas dilakuan untuk jumlah data / sample kurang dari 30.. kalau data mbak 100 ya harus diuji normalitas

      Hapus
  8. Thanks, smoga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama.. senang bisa membantun anda.. ditunggu kunjungan selanjutnya mas

      Hapus
  9. mas mau nya, pasword file download rar.nya apa ya?

    BalasHapus
  10. mau tanya min, klo untuk uji regresi sbelmnya kn harus d uji t untuk melihat perbedaan. Nah, apakah harus ada perbedaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin mbak sedang bingung..hehe uji t regresi sederhada adalah mencari pengaruh secara parsial.. memang sih ada uji t lainya.. seperti paireid sample t test nah ini betul untuk uji beda

      Hapus
  11. mau tanya min,sy pke 4 variabel tapi 1 variabel excluded variabel dan 1 variabel lg ada yg nilai nya minus dan nilai sig 0.979..kenapa ya??

    BalasHapus
  12. mas passwordnya datanya apa yah? terima kasih mas. sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. password dapat dilihat di halaman facebook di bawah mas.. silahkan dibuka disitu, sudah saya share kok.

      Hapus
  13. Keren! Penjelasannya bikin saya jadi lebih paham. Sangat membantu bagi orang yang sedang belajar SPSS seperti saya.
    Thankz. Two Tumbs Up!

    BalasHapus
  14. maaf min gmn download ini?
    aku kopas kok ga bisa ya?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi di pelajari di sini masih bisa kok mbak..hehe

      Hapus
  15. salam kenal mas, saya Putri
    saya mau tanya hasil output SPSS dari skripsi yang banyak muncul angka 0,000, seperti pada uji F, dan uji T, juga pada uji normalitas residual, apakah itu suatu tanda bermasalah atau memang wajar, karena saya telah melakukan penelitian sewajarnya dan hasilnya memang begitu adanya, terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu suatu yang wajar mbak putri.. karena nilai sig sebesar 0,000 > 0,05 maka itu artinya hasil variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat

      Hapus
  16. mas,saya download data,e kok gag bisa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak sih mbak..ini saya coba bisa kok.. cek koneksi internetnya

      Hapus
  17. Pak tolg minta password nya ya.. Ilmu ny sangat bermanfaat. Terimakasih

    BalasHapus
  18. Selamat Sore
    Maaf, saya mau bertanya
    apakah bisa dengan regresi sederhana tetapi variable independent (X) 1 dan variable dependent (Y) ada 2?
    bagaimana proses dalam metode penelitian saya?
    dan dimana saya bisa mengutip bahwa itu diperbolehkan
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sore.. caranya di uji satu persatu.. pertama x terhadap y1, kedua x terhadap y2

      Hapus
  19. Mau tanya, jika ada 2 hasil regresi yang dibandingkan, yang satu hasilnya 0,000 yang lain 0,035 misalkan. Dari kedua sig. tersebut, mana yang lebih kuat? Apakah jika hasil regresi semakin mendekati 0,000 semakin baik? atau adakah acuan lainnya untuk melihat regresi pada suatu variabel lebih kuat dibandingkan variabel lainnya?
    Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada pak yang paling kuat adalah yang nilai "Beta"nya lebih besar pak

      Hapus
  20. Apa yang harus dilakukan jika hanya ada satu variabel yang signifikan dan variabel lain tidak signifikan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungin yang mbak maksud regresi berganda.. jika salah satu tidak berpengaruh ya tidak ada masalahkan mbak??

      Hapus
  21. mas saya mau bertanya. kalau hasil regresi meenunjukkan signifikansi yang sangat jauh lebih dari 0.05, itu layak dimasukkan ke persamaan regresi ga? terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ditanya soal layak atau tidak, pada prinsipnya semua hasil analisis data itu layak..jadi kalau signifikansi > 0,05 maka kesimpulannya tidak ada pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent

      Hapus
  22. Balasan
    1. terimakasih kembali..silahakan mampir lagi kapanpun mbak siti mau

      Hapus
  23. mas ingin tanya, mohon bantuannya hehe
    kalau Uji T hasilnya signifikan tapi angkanya negatif, ttg "Pengaruh promosi terhadap penjualan".
    misal : T hitung>T tabel (-4,455>-2,262)

    Ha diterima : artinya secara parsial biaya promosi berpengaruh thd penjualan

    intrepetasinya seperti itu? atau baiknya bagaimana?

    intinya apa artinya jika hasil spss Uji T signifikan dengan angka negatif (-)

    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. angka negatif pada t hitung menunjukkan arah pengaruh negatif. jika nilai signifikansi < 0,05 dan nilai t hitung negatif maka artinya biaya promosi berpengaruh negatif terhadap penjualan

      Hapus
  24. mas misi saya mau tanya,, saya pakai analisis regresi sederhana, data sekunder, di uji t persamaan analisis regresi sederhanya dia y = a - bx bukan (+) tp sig nya > 0.05 itu gimana ya mas? mohon bantuannya , makasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mengindikasikan bahwa variabel independent berpegaruh negatif terhadap variabel dependent mbak

      Hapus
  25. klo yang dimaksud regresi berganda, pada menu spss di mana mas?tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kok proses analisi regresi linear sederhana dengan berganda.. coba baca artikel : Uji Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS

      Hapus
  26. Mas, kita mau tanya. Sy sedang ada penulisan skripsi Pengaruh Belanja Modal terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Apakah bisa langsung menggunakan analisis regresi sederhana. Yang membuat saya bingung adalah nilai dari variabel X adalah dalam bentuk sejumlah uang (Rp) sementara IPM dalam bentuk angka Indeks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas.. langsung pakai regresi sederhana saja dengan nilai-nilai RP langsung.. data mas ini termasuk jenis data skunder

      Hapus
  27. penelitian saya pake regresi sederhana tapi dalam menguji hipotesisnya saya pake uji paired sample t-test. apa boleh seperti itu bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Analisis data itukan ditentukan oleh hipotesis penelitian.. nah jika hipotesis penelitian mas bisa dibuktikannya dengan dua analisis data saya kira tidak ada masalah mas

      Hapus
  28. Untuk hipotesa nya harus ya H0 nya tidak ada pengaruh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. H0 itu sama dengan hipotesis tidak berpengaruh.
      Sedangkan Ha atau H1 adalah hipotesis berpengaruh

      Hapus
  29. Mau tanya, sebaiknya kapan dilakukan analisa regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil kesimpulan yang saya ambil nanti dari hasil analisa yg mana?sederhana atau berganda?terimakasih banyaakkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika variabel bebas atau X lebih dari 1 maka menggunakan regresi linear berganda mbak.. nah nanti untuk mengetahui pengaruh masing masing variabel secara parsial dengan menggunakan uji t

      Hapus
  30. mas mau tanya, kalo mau melihat arah hubungan positif atau negatifnya itu dari mana ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau melihat arah pengaruh positif atau negatif lihat pada nilai di tebel beta apakai nilainya + atau - , namun jika melihat hubungan adalah dengan uji korelasi kalau masalah tanda prinsipnya sama mbak

      Hapus
  31. mas mau tanya, kalau di coefficient itu kan ada t dan sig, jika keduanya hasilnya cuma titik saja berarti itu 0,00 kan??? lalu bagaimana cara membandingkan t hit dg t tabel? apa kah itu datanya yg kurang atau bagaimana? mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya titik titik??hehe coba cek lagi proses penginputan datanya barangkali ada yang salah mbak

      Hapus
  32. apa penggunaan dari regresi? admin saya mau tanya bagaiamana kalau data saya terdapat korelasi product omen 0.860 > r tabel berarti terdapat hubungan. dan uji normalitas data normal. tapi data uji linearitas data sig 0,000 < 0,05 berarti data tidak linier. dan data uji regresi linier juga sig 0,000 <0,005 yang menandakan hubungan linier antara variabel. bagaimana? apakah saya perlu menggunakan hubungan yang lain karena sig 0,000??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya bisa jawab adalah uji linearitas itu untuk menujukkan apakah hubungan variabel x dan y itu searah / lurus / linear tanpa melaui perantara

      Hapus
  33. selamat malam
    saya ingin bertanya jika skala untuk variabel independen memakai dummy dan variabel dependen memakai ordinal apakah bisa dilakukan regresi sederhana? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. malam.. ada caranya kok mbak.. namanya uji regresi dengan variabel dummy, namun maaf saya belum sempat menyusun artikel tentang itu

      Hapus
  34. jika nilai normalitas selalu dibawah 0.5 apakah ada cara lain agar data berdistribusi normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alternatif solusinya:
      1. Transformasi data
      2. Outlier
      3. Sebar ulang / atau ganti dara
      4. Prediksi data

      Hapus
  35. manteb sangat membantu gan, saya sekeluarga berterimakasih sebesar besarnya

    BalasHapus
  36. siang
    kalau nilai koefisien b 3,75. tu gmana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siang.. jika b 3,75 maka : b = 3,75 menyatakan bahwa jika X bertambah, maka Y akan mengalami peningkatan sebesar 3,75.

      Hapus
  37. Hi pak sya mau tnya misal pada standardized coefficient B. Sy memiliki variabel x1 x2 dimana kedua hasilnya negatif. Apakah artinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecenderungannya jika terdapat tanda - pada b maka arah pengaruh variabel x1x2 terhadap y adalah negatif

      Hapus
  38. Mau tanya,apabila variabel x ada 4 indikator dan variabel y ada 4 indikator juga..gmna cara memasukannya ke dlam regeresi sederhana om..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam hal ini kan mas mau mengetahui apakah ada pengaruh varibel x terhadap y.. bukan mengetahui pengaruh 4 indikator x terhadap 4 indikator y???

      Hapus
  39. Maaf mau tanya..
    Apabila variabel x ada 4 dan variabel y ada 4 juga gmn cara memasukan k dalam regeresi sederhana om dan gmna penjelasannya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika yang mas maksud adalah 4 varibel terhdap 4 varibel maka diuji satu persatu mas prosesnya

      Hapus
  40. aku mau tanya mas. mengenai judul skripsi saya mencari pengaruh. benrkah analisis data yang saya gunakan runutanya, skala likert, regresi sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi terkhir uji T?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sih mas..koefisien korelasi - uji t - koefisien determinasi

      Hapus
  41. halo mas, mau tanya apakah pengaruh dari regresi linear ini memang cuman di bawah 10% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain atau gimana yah ? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. R square atau koefisien diterminasi baru bisa digunakan ketika nilai sig < 0,05 mas

      Hapus
  42. Dear Pak Sahid, sebelumnya terima kasih untuk penjelasan diatas yang sangat membantu.
    tapi ada pertanyaan dari hasil uji regresi sederhana yg saya lakukan, hasil dari nilai sig 0,088 yang berarti lebih besar dari 0,05. jadi dapat disimpulkan nilai regresi saya tidak berpengaruh dari X1 ke Y. apakah hasil tersebut masih layak untuk dilanjutkan penelitiannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira layak layak saja sih mas.. karena prinsip dasar dari penelitian kuantitaf adalah untuk menguji teori.. apakah terbukti atau tidak

      Hapus
    2. Unstandardized Coefficient B saya hasilnya -3,681E-5 artinya apa yaa pak? dan bagaimana penjelasan persamaaanya?

      Hapus
    3. Hallo min, mau tanya nih judul skripsi saya tentang pengaruh dengan data sekunder apa perlu melakukan uji asumsi klasik semuanya? Dan apa sudah benar analisis saya pakai uji nornalitas, regresi sederhana, uji t? Ap perlu ditambahkan uji determinasi? Tq sebelumx

      Hapus
  43. Untuk yang data beginian, teknik pengumpulan datanya pake apa ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau data dalam artikel uji regresi ini diperoleh dari penyebaran kuesioner mbak.. cuma yang dipakai dalam analisis regresi ini adalah skor total dari jawaban masing masing responden

      Hapus
    2. Jika pada regresi ganda salah satu vab tdk berpengaruh, apakah perlu dilakukan regresi sederhana?

      Hapus
    3. tidak mbak.. kalau tidak berpengaruh dalam uji t dalam regresi.. berarti memang tidak berpengaruh

      Hapus
  44. Sore pak, saya mahasiswa akhir yg sedang mengerjakan skripsi mengenai pengaruh manajerial dan institusional terhadap manajemen laba. saya mengalami masalah saat regresi nilai DA (manajemen laba) dengan kepemilikan dua di atas. variabel saya salah satunya (kepemilikan manajerial) masuk ke tabek hasil regresi namanya excluded variabel, bagaimana pak penyelesaiaannya agar saya tetap bisa menggunakan variabel kepemilikan manajerial untuk mendapatkan hasil hipotesis saya? terima kasih pak

    BalasHapus
  45. mas mau tanya, download data variable x dan y yg mas pakai diatas password rar nya apa? thanks

    BalasHapus
  46. Mas mau tanya,...apa gunanya si uji regresi secara sendiri2 itu, jika sudah dilakukan uji regresi berganda apakah hasil dari uji regresi berganda tidak bisa mewakili hasil uji regresi parsial?
    Bukankah di output regresi berganda sudah ada nilai a, b, t, dan f hitung?
    Sebenarnya regresi itu yg dicari ap? a, b, t, atau F?
    Sama2 ujung2nya ada kata2 pengaruh,lalu pengaruh itu sendiri ap?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mas sampaikan sudah betul saja juga sepakat.. sederhana atau berganda itu dilakukan dengan melihat jumlah variabel X yang digunakan. terimakasih

      Hapus
  47. maaf pak saya ingin tanya. apkh diterima atau ditolaknya hipotesis itu (adanya pengaruh dan tidak )itu dilihat dr nilai sig. saja ?? nilai t hitung saya sebesar 16.115 dan F sebesar 259.691 dan sig sbesar 0,001 apkh berarti variabel x itu berpngruh terhdp vriabel y ? terimakasih pak sblumnya ..

    BalasHapus
  48. maaf pak, saya ingin tanya apakah nilai t hitung saya sbesar 16.115 sig. sbesar 0.001 berarti vARiabel x berengruh trhdp variabel y ya pak ? terimaksih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sig 0,001 lebih kecil dari 0,05 dan itu artinya ada pengaruh X terhadap Y.. sudah ok mbak sipp

      Hapus
  49. pak mau tanya ... saya sudah melakukan regresi linier berganda dengan 4 vriabel, 2 variabel masuk kedalam tabel coeffitien sedang dua variabel lainnya masuk ke tabel excluded variabel ... itu knapa ya pak ? terus apa yang harus saya lakukan terhadap dua variabel yang masuk d excluded variabel ? terima kasih pak

    BalasHapus
  50. Pada tabel Coefficients, kolom B dan pada Constant (a) adalah .300, sedangkan nilai trust (b) adalah 1.102, sehingga persamaan regresinya jadi
    Y = a + bX atau 0.300 + 1.102X

    Kalo seperti itu, artinya apa mas?
    Oia, Nilai t (atas & bawah) 1.488 & 9.126
    Nilai sig (atas & bawah) .140 & .000

    BalasHapus
  51. pak mau nanya tbel model summary a. predictors : constant X R 0,096 R square 0,009 ajusted R square -0,001 Std Eror of the estimete 11.678
    trus d tabel Anova F 0,904 signifikan 0,344
    lalu d tabel Coefficient bagian B 88,019 dan -0,223 sedangkan d T 5,594 dan -0,951 sedgkan di sig 0,000 dan 0,344
    apakah data tersebut sudah ada pengaruhnya? mohon pnjelasannya pak. trimksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. prinsip dasar nya adalah jika nilai sig hasil SPSS lebih kecil dari 0,05 maka itu bepengaruh pak..terimakasih

      Hapus
  52. mas coba minta password exttract winrarnya

    BalasHapus
  53. mas mau bertanya, cara memasukkan data kalo variabel terikat saya terdiri dari 2 pengukuran ordinal
    "pengaruh kadar feritin terhadap fungsi hati dilihat dari (SGOT dan SGPT)" nanti masukkin datanya gimana ya mas?

    BalasHapus
  54. hasil uji beda dependen tdk signifikan, padahal perbedaanya antara sebelum dan sesudah besar. kira2 ini kenapa ya? terima kasih

    BalasHapus
  55. selamat siang.
    saya mau bertanya, saya punya data kemudian data tersebut saya rata-rata. nah, data yang saya masukkan untuk uji spss adalah data nilai rata-rata, apakah diperbolehkan ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mbak memeng ada yang menggunakan nilai rata-rata dan ada pula yang menggunakan skor total.. dan hasilnya juga tidak jauh beda

      Hapus
  56. *Koefisien regresi X sebesar 0,438 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai Trust, maka nilai Partisipasi bertambah sebesar 0,438*

    Mau tanya maksudnya penambahan 1 nilai itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 persen X maka akan menambah nila Y sebesar 0,438

      Hapus
  57. mas, kalau melakukan uji regregi berganda dan didapatkan hasil t hitung negatif dengan sign 0,000 apakah artinya daari t hitung negatif tersebut? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika nilai t hitung negatif namun sig tetap di lebih kecil dari 0,05 maka.. itu disebut arah pengaruh negatif. artnya semakin meningkat X maka akan semakin menurun Y

      Hapus
  58. permisi..
    mw tanya" mas. tntang hasil penelitian saya.
    stelah saya mlakukan uji linieritas namun hsilnya tidak linier, trus apa lngkah slanjutnya yg bisa dilakukan untuk menguji pengaruhnya mas?
    trimakasih sbelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kira masih bisa mas.. karena uji linearitas sebetulnya untuk melihat hubungan tersebut linear atau tidak saja.. bukan mendeteksi pengaruh

      Hapus
  59. mas saya mau bertanya mengapa diatas perlu menghitung uji f? bukannya uji f untuk mengetahui secara simultan(bersama-sama) variabel bebas terhaddap variabel terikatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul apa yang bapak sampaikan.. dalam atikel ini saya hanya mencoba memberikan gambaran pada tabel anova hasil ouput SPSS..terimakasih

      Hapus
  60. pak saya mau tanya tentang skripsi saya tentang mencari pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi. saya hanya menggunakan kelas eksperimen dan mengukur aspek kognitif saja. kata dosbing saya tidak perlu menggunakan angket maka saya hanya menggunakan pre tes dan post tes. untuk analisis regresi apakah data pre tes dan post tes itu yang harus saya masukkan? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan lebih tepat jika mbak menggunakan uji Uji Paired Sample t Test untuk melihat perbedaan nilai pretest dan posttest.. sehingga hipotesis mbak dapat terjawab

      Hapus
  61. mas jika hasil consantnya minus gimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai constanta minus dalam analisis regresi tidak jadi masalah mas.. karena fokusnyakan pada nilai koefisien b atau x.. bukan konstanta atau y

      Hapus
  62. kalau judulnya ''pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika''
    apa lebih bagus menggunakan regresi linear atau ada rumus lain...?
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiknya menggunakan uji paired sample t test

      Hapus
  63. terimakasih pak, postingannya sangat membntu sekali. Pak izin bertanya saya sdg melakukan penyusunan skripsi dgn judul hub variabel A dengan variabel B, dimana nilai A semua nya konstant (sama) utk cara menganalisisnya dgn apa ya pak? Saya bingung, karena hasil error terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbak. kalau nilainya sama semua ya tidak bisa mbak.. memang cara memperoleh skor dalam variabel A bagaimana?

      Hapus
  64. permisi mas, mau nanya. kalau regresi sederhana yang sampelnya kurang dari 20. apakah itu layak diuji?

    BalasHapus
    Balasan
    1. layak layak saja mas.. lanjut untuk di uji

      Hapus
  65. Ass. Kanda ... mau nanya klo dalam 1 varibel ada empat indikator namun dalam kusionernya ada 12 pernyataan,, jadi ada 3 pernyataan dalam 1 indikator,, itu cara olah datanya gimana kanda,, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wss. yang dipakai adalah skor total dari jawaban responden atas 12 pertanyaan.. untuk indikator diabaikan saja pak

      Hapus
  66. Pak mau tanya penelitian saya kan tentang analisis efisiensi alokatif. Nah dari hasil analisis regresiny ada salah satu variabel yang " excluded variabel" seperti itu. Apa ada yg salah dengan data saya atau gimana pak? .
    Mohon bantuannya pak

    BalasHapus
  67. mas mau tanya,saya sdang mlakukan pnelitian skripsi "kemampuan membaca alquran di lhat dr latar blkg pndidikan: sd dan mi" yg dtanyakan "apakah latar blakang pendidkan siswa mempengaruhi kemampuan membacanya?" ini pakai uji yg mna y?.. Smga fast respon . hikmahkemang@gmail.com

    BalasHapus
  68. Sangat membantu artikelnya pak, selanjutnya saya bertanya jika koefisien regresi X terhadap Y menghasilkan data misalkan : B= -0,019 Beta= -0,08 t= -710 dan Sig=0,230 artinya apa itu pak??? mohon bantuannya dan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pak. fokus pada nilai signifikansi saja pak. karena sig 0,230 > 0,05, maka variabel x tidak berpengaruh terhadap variabel y.. angka lain tidak bermakna apapun ketika tidak ada pengaruh pak

      Hapus
  69. Dear pak Sahid...
    saya mau tanya utk analisis uji regresi linear baik sederhana maupun ganda data yg dimasukkan skor total ya? bukan rata-rata dr skor jawaban responden?
    Utk mencari hubungan, bisa jg melalui nilai t hitung dan t tabel, apakah akan sama hasilnya dgn perbandingan nilai Sig?
    Terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada yang menggunakan skor total ada juga yang menggunakan nilai rata-rata.. semua betul toh hasilnya juga sama mbak.. untuk uji hubungan lebih tepat menggunakan Uji Korelasi

      Hapus
  70. Dear Pak Sahid, saya mau nanya hasil koefisien regresi saya negatif. Namun secara uji t signifikan semua karena kurang dr 0,05. Apakah koefisen regresi variabel tersebut boleh tidak dimasukan ke dalam persamaan regresi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalu koegfisien regresi untuk b atau x, maka itu disebut dengan pengaruh negatif pak. jadi tetap berpengaruh karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 namun arah pengaruhnya negatif

      Hapus
  71. Assalamualikum Pak Sahid
    saya mau bertanya
    untuk melihat arah pengaruh yg positif/negatif variabel X terhadap variabel Y, bapak menyuruh untuk melihat tabel beta
    nah hasil analisis saya.. tabel beta menunjukkan nilai .745
    kalau seperti itu kesimpulannya bagaimana pak sahid?
    sekian terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai beta .745 itu sama dengan 0,745 atau nilai positif. sehingga mengindikasikan arak pengaruh positif variabel x terhadap variabel y

      Hapus
  72. Terimakasih atas infonya pak :)

    saya masih bingung pak untuk di ouput ANOVA nilai sig. nya .021b dengan nilai F hitungnya 6.411 , berarti nilai sig. nya 0.21 > 0.05 apakah betul pak? berarti tidak ada pengaruh antara variabel X dan Y ya pak? jika saya ingin transformasi agar terdapat pengaruh antara variabel X dan Y bagaimana ya pak caranya?
    mohon bimbingannya pak.
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai sig .021 itu maknanya adalah 0,021 lebih kecil dari 0,05 maka terhadap pengaruh.. saya kira tidak ada masalah

      Hapus
  73. permisi pak, saya ingin bertanya jika sebuah penelitiaan terdapat variabel kontrol cara analisi regresiny gmn ya pak?

    contoh : Pengaruh X terhadap Y dengan memakai Variabel kontrol A dan B

    cara analisis ny bagaimana ya pak?

    trimakasih

    BalasHapus
  74. assalamualaikum
    Maaf pak kalau misal menggunakan regresi sederhana dan jumlah sampulnya 40 apa perlu uji normalitas juga??atau tidak usah
    mohon jawabannya paj

    BalasHapus
  75. Siang mas, saya mau nanya..
    nilai constant dan nilai t saya minus yaitu -.406 dan -.444, itu kenapa ya mas ? apakah saya salah data ?
    nilai sig saya 0.658 > 0.05, apa yang harus saya lakukan agar dibawah 0.05 mas ?
    mohon bantuannya yaa mas, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya hasil tidak bepengaruh disebabkan oleh sebaran data masing-masing variabel

      Hapus
  76. mat malam..
    judul saya terdiri dari 2 variabel (1 var bebas n 1 var terikat) & saya menggunakan analisis regresi linear sederhana.
    yang saya ingin tanyakan apakah dalam analisis ini perlu/harus untuk membaca/menganalisis nilai F dalam tabel Anova? ataukah nilai F ini hanya digunakan untuk regresi ganda saja?
    mohon penjelasannya Pak, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk uji regresi sederhana tidak perlu menginterpretasi atau menjelaskan pada tabel anova khususnya F. karena uji F digunakan jika variabel bebas anda lebih dari 1.. perlu bapak ketahui bahwa uji F itu uji simultan bersama-sama bukan tersendiri atau parsial uji t

      Hapus
  77. assalamualaikum pak sahid
    hasil output untuk uji f saya nilai signifikansinya lebih besar dari 5%, jd kesimpulan untuk output sy apa ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam.. jika nilai signifikansi F lebih besari dari 0,05 maka kesimpulannya adalah tidak terdapat pengaruh variabel independent (X) terhadap Variabel depdenden (y)

      Hapus
  78. Tolong bantuannya Pak Sahid
    Kalau variabel bebasnya metode pembelajaran variabel terikatnya hasil belajar, memperoleh data variabel bebasnya gimana Pak ? pake regresi bisa ngga ? trims sebelumnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau melihat apakah metode pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar maka lebih tepat jika bapak menggunakan Uji Paired Sample t Test data yang diperlukan adalah hasil belajar pretest dan posttest pak.. yakni dengan membandingkan antara pretest dan posttest jika terdapat perbedaan pretest dan posttest maka itu artinya metode pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar

      Hapus
  79. selamat siang mas, saya ingin bertanya arti sebenarnya nilai signifikansi 0,000 < 0,5 itu apa yah ? soalnya dosen penguji saya menanyakan hal tersebut. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin yang bapak tanya adalah nilai 0,000 < 0,05..nah yang dimaksud dengan nilai ini adalah pedoman pengambilan keputusan dalam uji regresi linear sederhana yakni membandingkan nilai signifikansi hasil dari spss dengan probabilitas 0,05

      Hapus
  80. salam mas Sahid semoga sehat selalu. saya ingin bertanya, jika ada variabel independen yang diexclude apa maksudnya?
    selanjutnya jika koefisien determinasi yang dicerminkan melalui adjusted R kuadrat < 1% apakan wajar?
    saya menggunakan OLS, regresi berganda dengan data sekunder. jumlah sampel 28

    BalasHapus
  81. Assalamualaikum
    Mas saya mau nanya. Kalo misalkan sampel data berjumlah 10 (time series)perlu apa tidak menggunakan uji asumsi klasik?
    Kalo perlu uji apa saja yg harus dilakukan?
    Makasih mas sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam.. pakai uji normalitas, uji multikolinearita, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi

      Hapus
  82. Dear, Pak Sahid Raharjo.. Saya mau menanyakan sesuatu..

    Sebelumnya saya sudah memperhatikan uji regresi sederhana dan uji regresi berganda oleh Pak Sahid Raharjo. Perbedaan yang saya lihat adalah untuk uji regresi sederhana menggunakan Metode Enter dan uji regresi berganda menggunakan Metode Stepwise. Bisa tolong jelaskan kenapa metode yang digunakan berbeda? Dan apa perbedaan antara metode Enter dan Stepwise? Sekian terima kasih, Pak Sahid Raharjo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yang kritis pak. terimakasih.. jadi secara umum hasil uji regresi pada metode enter dan stepwise adalah sama.. lantas kenapa saya menggunakan stepwise pada Uji Regresi Berganda nah karena hasil dari metode stepwise dapat menjelaskan pula pengaruh 2 variabel X terhadap y.. sedangkan pada regresi sederhana hanya ada 1 variabel x jadi saya kira tidak perlu pakai metode stepwise..

      Hapus
  83. kak, izin untuk bertanya.
    Apakah nilai dari slope (B) variabel bebas itu nilainya diantara -1 < B < 1 ?
    terima kasih kak. mohon balasannya.

    BalasHapus
  84. mohon bantuannya pak sahid ,
    data saya memiliki 4 variabel X dan 4 indikator Y , nah utnuk meregresikannya pada SPSS bgaimana ya , agar 4 indikator ini menjadi varibel Y

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 indikator variabel y dibuat rata-rata atau boleh juga dijumlah sehigga menjadi satu data yakni variabel y

      Hapus
  85. syarat regresi sederhana dan uji hipotesis apa perlu data nya di interval terlebih dahulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya tidak perlu mbak..walau dulu juga ada yang pernah order untuk di intervalkan.. namun mayoritas tidak perlu di intervalkan

      Hapus
  86. ANOVA Tablea

    a Too few cases - statistics for SEKOLAH * MURID cannot be computed.



    itu maksdnya gmna ya? , makasi

    BalasHapus
  87. permisi pak mau tanya.. dalam penelitian saya di teori menunjukkan bahwa variabel x1 & x2 berpengaruh negatif thd Y, tp dalam perhitungan regresi saya hasil B.nya bernilai positif. itu kira-kira yg salah dimnanya ya pak?? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nilai B varibel bebasnya positif maka itu artinya arah pengaruh menunjukkan positif pak..kalau ditanya kok bisa positif. hal itu sangat ditentukan oleh distribusi data variabel X terhadap Y

      Hapus
  88. Cara mencari t Hitung nya dimana ya pak ? Mohon bantuannyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan t hitungnya sudah didapat dari analisis data dengan SPSS mbak..dalam contoh di atas t hitung sebesar 3,735 yang saya berikan lingkaran merah pada output

      Hapus
  89. Mas itu df nya kok tidak 2?kok df nya 1 knp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. df tidak 2 karena jumlah variabel bebasnya cuma 1 pak.. jadi nilai dfnya 1

      Hapus
  90. Balasan
    1. Untuk keamanan password dapat dilihat di facebook : Facebook Belajar Istiqomah

      Hapus
  91. mas saya mau tanya output tabel coefficients saya terlalu besar, apakah wajar? koefisien B konstantanya itu dapat 16.270. sedangkan trust nya 1.273. seperti punya pak sahid hasilnya 0,438. tetapi punya saya 1.273. cara baca nya gimana itu pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira wajar-wajar saja pak.. hal seperti itu biasa terjadi.. dan itu tidak masalah

      Hapus
  92. Terima kasih ini sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama.. baru-baru ini saya buat video tentang uji regresi liner berganda barang kali diperlukan : Uji Regresi Linear Sederhana dengan SPSS Sangat Detail

      Hapus
  93. Mau tanya kalo regresi sederhana skala ordinal harus diubah dulu tidak menjadi skala interval? saya kurang mengerti. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada baiknya di ubah dalam bentuk interval dulu

      Hapus
  94. pak, saya sedang menyusun skripsi.jadi datanya saya bagi dua antara produk kering dan produk basah. agar nanti terlihat perbedaan variabel X yg pengaruh dominannya sama atau tidak. nah saat menguji data produk basah, dengan respondennya 11,datanya tidak ada pengaruh semua, baik uji F dan uji T. itu bagaimana? apakah jumlah variabelnya mempengaruhi outputnya?
    sedangkan produk kering dengan responden 44 tidak bermasalah.
    mohon bantuannya.

    BalasHapus
  95. Mas mau tanya kalau semisal ada dua variabel yang akan diteliti tapi saya pake 2 skala yang berbeda, satu skala likert satunya skala dari NASA-TLX (untuk pengukuran beban kerja). Untuk mengetahui pengaruhnya apakah bisa dianalisis dengan SPSS?

    BalasHapus
  96. maaf nih, itu semua file yang bisa di download tidak bisa dibuka soalnya semua pake password. password nya apa yah ? kok gak dicantumkan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf untuk keamanan data passwor dapat dilihat di Facebook Belajar Istiqomah

      Hapus
  97. Bpk. Saya mau bertanya. Penelitian saya menggunakan 1 variabel X dan 2 variabel Y. Untuk ujinya yg harus saya gunakan uji regresi linier sederhana apa yg ganda pak ? Kemudian uji pengaruh uji t yang apa yg harus saya gunakan.. Terimakasih bapak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. variabel x ada 1 dan variabel y ada 2, maka tetap menggunakan uji regresi linear sederhana yang dulakukan dua kali.. pertama untuk x terhadap y1 dan kedua untuk x terhadap y2

      Hapus
  98. mas mau tanya, saya memiliki variabel independen X1, X2, X3, X4, dan X5 dengan nilai variabel-variabel independen tsb sudh diketahui, tp utk variabel dependen (Y) nilainya belum diketahui, sdgkan dalam uji regresi SPSS nilai Y (variabel dependen) itu syratnya harus diketahui. jd bagaimana cara mencari nilai Y (variabel dependen) itu? mohon bantuannya

    BalasHapus
  99. Selamat siang, saya mau tanya untuk uji regresi lineae sederhana sebenernya perlu dilakukan uji asumsi klasik gak ya?? Klo perlu uji apaa saja? Terima kasih

    BalasHapus
  100. siang pak, jika ingin menggunakan uji regresi linear sederhana uji normalitas data mana yg dipakai apakah shapiro-wilk atau kolmogorov-smirnov? trims

    BalasHapus
  101. Assalamu'alaikum.. saya mau tanya mas, password utk membuka data regresi sederhana apa ya? saya masukkan password 17 kok nggak bisa.. terima kasih..

    BalasHapus
  102. mas mau nanya saya dalam penelitian menggunakan uji t dan uji f. beda nya uji t dengan uji parsial apa? saya mengukur uji t signifikan yterhadap uji f. saya bingung mas mohon bantu terimaksih

    BalasHapus
  103. saya mau meminta petunjuk mas. kalau penelitian eksperimen one group desain pretest postestnya mas itu bagai mana yaaa kalau kita mau melakukan uji hipotesis. kalau hipotesis yang saya angkat "terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa setelah di terapkan media pembelajaran audio visual berbasis cafe learning'

    BalasHapus
  104. mas... klo buuat nentuin nilai t table carax gimana biar bisa di bandingkan dengan nilai t hitung yg sdh didapatka?? terus untuk nilai signifikan kan 0,000<0,05. nah yg sy pertanyakan nilai0,05nya ambil dimana ? atau emang udah dtentuin gitu?? mohon penjelasannya mas. makasaih banyak sebelumnya mas bermanfaat banget artikelnya.

    BalasHapus
  105. ijin pak.
    saya belum paham tentang cara mengelolah data di spss
    mohon bantuannya pak.
    .1 pak kalau untuk mengetahui peran (X) dengan Kepatuhan (Y) .. itu caranya gimana yah pak??
    .2 dan untuk mengetahui hubungan peran X dengan Kepatuhan Y bagaimna lagi pak ??

    BalasHapus

Pengunjung yang baik pasti meninggalkan komentar yang bijak dan membangun, terimakasih