Uji Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS

Uji Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS | Setelah sebelumnya kita membahas mengenai uji korelasi, kali ini berlanjut ke Uji Analisis Regresi Linear Ganda. Regresi linear ganda berguna untuk mencari pengaruh dua atau lebih variabel bebas (predictor) atau untuk mencari hubungan fungsional dua variabel predictor atau lebih terhadap variabel kriteriumnya. Rumus yang digunakan sama seperti pada regresi sederhana namun, disesuaikan dengan jumlah variabel yang diteliti. Rumus persamaan regresinya adalah sebagai berikut:

Y = a+b1x1+b2x2....bn

Untuk memperjelas pemahaman kita tentang cara Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS, kita akan menggunakan contoh yaitu: “diduga bahwa besarnya nilai tergantung pada besarnya Skor Tes Kecerdasan dan Frekuensi Membolos. Untuk keperluan tersebut, maka dilakukan pengamatan terhadap 12 orang siswa dengan mencatat Frekuensi Membolos, Skor Tes Kecerdasan dan Nilai Ujian, data dari variabel di atas adalah sebagai berikut:

Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS

Langkah-langkah Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS:
1. Buka lembar kerja baru pada program SPSS.
2. Klik Variabel View pada SPSS Data editor.
3. Pada kolom Name, ketik Skor_Tes pada beris pertama, ketik Membolos pada baris kedua dan ketik Nilai pada baris ketiga.
4. Pada kolom Decimals, ketik 0 untuk baris pertama, baris kedua dan baris ketiga.
5. Pada kolom label, ketik Skor Tes Kecerdasan untuk baris pertama, ketik Frekuensi Membolos pada baris kedua, dan ketik Nilai Ujian pada baris ketiga.
6. Abaikan kolom yang lainnya.
7. Ketik Data View pada SPSS Data editor.
8. Ketik datanya seperti data di atas sesuai dengan variabelnya.
9. Dari menu SPSS, pilih menu Analyze - regression - linear maka akan muncul kontak dialog seperti sebagai berikut:

Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS

10. Masukkan variabel Nilai Ujian ke kolom Dependent, dan masukkan variabel Skor Tes Kecerdasan dan Frekuensi Membolos ke kolom Independent (s)
11. Pada Method kita pilih metode Stepwise
12. Klik Statistics..klik pilihan Estimates, Model Fit dan Deskriptive, kemudian klik Continue
13. Klik OK untuk mengakhiri perintah.

Maka akan muncul output sebagai berikut:

Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS

Penjelasan output pertama (Descriptive Statistics)
Pada bagian ini merupakan tabel yang menyajikan deskriptif data masing-masing variabel yang meliputi Mean (rata-rata), Std. Deviation (standar deviasi dan N=jumlah data).

Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS

Penjelasan output bagian kedua (Corelation)
Pada bagian ini merupakan matrik korelasi antara variabel Skor Tes Kecerdasan dengan Nilai Ujian diperoleh r=0,860 dengan probabilitas=0,000 < 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti bahwa ada hubungan/korelasi yang signifikan antara Skor Tes Kecerdasan dengan Nilai Ujian. Variabel Frekuensi Membolos dengan nilai ujian r=-0,848, tanda negatif menggambarkan hubungan yang berlawanan yang artinya semakin sering membolos, maka akan semakin kecil nilai yang diperoleh.

Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS

Penjelasan output bagian ketiga (Variables Entered/removed)
Tabel tersebut menjelaskan tentang variabel yang dimasukkan atau dibuang dan metode yang digunakan. Dalam hal ini variabel yang dimasukkan adalah variabel Skor Tes Kecerdasan dan Frekuensi Membolos sebagai Predictor dan metode yang digunakan adalah Stepwise.

Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS

Penjelasan output bagian keempat (Model Summary)
Tabel tersebut pada model (1) untuk menjelaskan besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) antara Skor Tes Kecerdasan (X1) dengan Nilai Ujian (Y) yaitu sebesar 0,860 dan penjelasan besarnya prosentase pengaruh variabel Skor Kecerdasan terhadap nilai ujian yang disebut koefisien determinasi yang merupakan hasil dari pengukuran R. Dari output tersebut diperoleh koefisien diterminasi (R2) pada model (1) sebesar 0,740, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Skor Tes Kecerdasan) terhadap variabel terikat (nilai ujian) adalah sebesar 74%.

Pada model (2) untuk menjelskan besarnya nilai korelasi (R) antara Skor Tes Kecerdasan (X1) dan Frekuensi Membolos (X2) terhadap Nilai Ujian (Y) yaitu sebesar 0,936 dan menjelaskan besarnya prosentase pengaruh veriabel Skor Tes Kecerdasan dan Frekuensi Membolos terhadap Nilai Ujian yantu sebesar 0,876 atau 87,6% sehingga dapat disimpulkan besarnya pengaruh Skor Tes Kecerdasan (X1) terhadap Nilai Ujian (Y) sebesar 74%, dan pengaruh Frekuensi Membolos (X2) terhadap Nilai Ujian (Y) =13,6% (87,6%-74%).

Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS

Penjelasan output bagian kelima (Anova)
Pada bagian ini untuk menjelaskan apakah ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel Skor Tes Kecerdasan (X1) dan Frekuensi Membolos (X2) secara simultan (bersama-sama) terhadap Nilai Ujian (Y). Dari output pada model yang kedua terlihat bahwa Fhitung = 31,853 dengan tinfkat signifikansi atau probabilitas 0,000 < 0,05, maka regresi dapat dipakai untuk memprediksi Nilai Ujian.

Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS

Penjelasan output bagian keenam (Coefficients)
Pada tabel Coefficients, pada kolom B pada Constanta (a) adalah 55,780, Skor Tes Kecerdasan (b1) adalah 0,527 dan Frekuensi Membolos (b2) adalah -2,344. Berdasarkan data di atas, maka dapat dikatakan bahwa: Konstanta sebesar 55,780, koefisien regresi X1 sebesar 0,527, dan koefisien regresi X2 sebesar -2,233.

Kesimpulan:
Skor Tes Kecerdasan nilai thitung = 3,371 dengan probabilitas = 0,008 < 0,5, artinya ada pengaruh yang signifikan. Untuk variabel Frekusnsi Membolos nilai thitung = -3,147 dengan probabilitas = 0,012 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan.

Demikian sedikit tips dalam melakukan Uji Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS semoga dapat bermanfaat. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan silahkan berkomentar?

[Search : Uji Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS, Cara Melakukan Uji Regresi Linear Ganda]
[Img : Dokumen SPSS]
[Source : Widiyanto, Joko. 2012. SPSS For Windows. Surakarta: Badan Penerbit-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta]
Lihat: VIDEO Uji Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS

139 Responses to "Uji Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS"

  1. mas, mau tanya bila persamaan saya untuk nilai konstanta dan nilai x3 negatif bagaimana ya?? sada ada 4 variabel x. namun variabel x3 negatif. konstantanya jg negatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam, jika nilai koefisien negatif artinya semakin tinggi variabel X maka semakin turun variabel Y, begitu mbak Nael tian

      Hapus
  2. Izin copas untuk referensi..sangat membantu sekali (Y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh pak habib tapi jangan di posting ulang yaw,,,hehehe

      Hapus
  3. Wah mantab nih web nya. Mas bro mau nanya, saya punya variabel independent yang diwakili 4 pertanyaan. Bagaimana caranya meregresikan variabel independent ini ke variabel dependent?? apakah skor hasil kuisioner ditambahkan atau dirata-rata??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skor total jawaban atas pertanyaan itu mas, kemudian direkresikan dengan dengan variabel dependentnya, oke selamat mencoba

      Hapus
    2. Maaf mas, saya masih newbie. jadi misalnya ada 4 pertanyaan yang mewakili satu variabel. Maka untuk mewakili satu responden dr variabel ts, dijumlahkan keempat jawaban dari masing-masing pertanyaan jadilah satu jawaban responden yang mewakili 1 variabel yg terdiri dr 4 pertanyaan? begitu bukan?

      Hapus
    3. jumlah jawaban responden atas keempat pertanyaan itu mas

      Hapus
  4. Oh, oke mas. Jumlah jawaban itu mewakili satu responden ya?? terima kasih mas

    BalasHapus
  5. Mau ty mas. Kalo hasil regresinya tidak signifikan gmna ya mas ? Kan katanya gpp kalo gk signifikan jg asalkan ada korelasi antr variabel. Ada gk mas teori yg memprkuat kalo gk signifikan msh bisa dipakai. Makasih yaa mass saya tunggu jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak signifikan pada uji regresi artinya tidak ada pengaruh antara X terhadap Y. namun jika korelasi itu kan hubungan mbak..bisa berhubungan tapi belum tentu berpengaruh. namun jika berpengaruh biasanya pasti berhubungan..mudah2an terjawab

      Hapus
  6. ilmu yang sangat bermanfaat,

    bagaimana cara melakukannya jika variabel bebasnya X1 dan terikatnya y1 dan y2? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya satu-satu pak.. x1 ke y1 dulu.. kemudian x1 ke y2 pak... mudah2an jelas...

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. mas sahid mau tanya, kalau angka dari masing2 variabel (x) kan didapat dari score hasil kuesioner responden, namun kalau angka yang ada di variabel (y) itu didapat dari mana ya? mohon dibantu, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk variabel Y diambil dari nilai raport mas...

      Hapus
  9. Selamat Siang mas,
    Ada hal yang ingin saya tanyakan. hasil skripsi saya menunjukkan signifikansi 0,000. Pembimbing saya menanyakan, bagaimana bisa hasilnya menjadi 0,000. Saya hanya jawab bahwa itu merupakan 0,00001 menurut Mosser. Kalau menurut mas, apakah hasil signifikasi itu ada kaitannya dengan data lainnya? atau mungkin dengan uji lainnya? saya ingin tahu bagaiaman keterkaitan hasil signigfikansi 0,000 itu dengan hal lainnya dari penelitian saya.
    Mohon pencerahannya mas.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi begini mbak sucie,, signifiknasi dalam model regresi berganda sangat terkait dengan variabel bebas lainnya.. seperti yang mbak sampaikan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka,, kesimpulannya adalah variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat

      Hapus
  10. assalamualaikum mas..
    klu nilai Pearson Correlation negatif gmna solusinya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ws.wr.wb.. jika nilai Pearson Correlation negatif digunakan untuk uji validitas maka, item tersebut tidak valid..namun jika nilai Pearson Correlation negatif dan signifikan digunakan untuk uji hubungan, maka dapat diartikan bahwa terdapat korelasi yang sifatnya negatif - mbak

      Hapus
  11. Assalamualaikum mas, saya mau tanya. Kalau misalkan data untuk variabel dependent dan independent nya selama 4 bulan, data tersebut harus dirata-ratakan terlebih dahulu atau data tersebut dijumlahkan. Terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wss.wr.wb...Bukan.. langsung direkap aja apa adanya kemudian di analisis mbak

      Hapus
  12. ass mas sahid, saya mau tanya cara menghitung total x1, x2, dan y gimana ya mas? saya mau uji kuesioner saya mas, penelitian saya tentang pengaruh sebuah acara dengan citra suatu instansi. variabel x1 (program acara), x2 (konten acara) dan Y (citra instansi). saya masih bingung mas total skor itu dri mana hehe.
    terimakasih mas sahid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memakai skor total (jumlah jawaban masing-masing responden) dari jawaban masing-masing responden atas item-item kuesionernya mbak...mudah-mudahan terjawab

      Hapus
  13. mf mz saya mau tanya kalo hasil regresi nilai constantanya positif dan nilai x1 s/d x3 negatif itu gmna ya ... kira2 hasil regrsi sya boleh dipakai ga mohon penjelsanya.
    atau nilai constanta harus negatif dan nilai x1 s/d x3 harus ada yg positif juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika nilai contanta yang negatif tidak masalah.. namun jika nilai B variabel bebasnya negatif.. asumsinya adalah X berpengaruh [arah negatif] terhadap Y.. atau semakin meningkat X maka Y mengalami pernurunan.. gitu mbak

      Hapus
  14. mas mau tanya, tanda huruf E pada koefisien variabel itu apa artinya ya?
    salah satu variabel saya nilai koefisiennya adalah -7,1E-005X1.
    itu bagaimana cara baca dan interpretasinya ya?
    mohon bimbingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angka aslinya memang seperti itu.. setau saya jika ada E maka artinya 0,000 mas

      Hapus
  15. Mas nanya dong kalo interpretasi regresi linier berganda menggunakan bahasa pemasaran gimana ya, misal: 5.870+0,345X1+ 0,257X2, (X1 itu harga, X2 itu promosi) makasih mas

    BalasHapus
  16. a = 5,870 menyatakan bahwa jika X1 dan X2 tetap (tidak mengalami perubahan) maka nilai konsistensi Y sebesar 5,870.

    b1 = 0,345 menyatakan bahwa jika X1 bertambah, maka Y akan mengalami peningkatan sebesar 0,345, dengan asumsi tidak ada penambahan (konstanta) nilai X2.

    b2 = 0,257 menyatakan bahwa jika X2 bertambah, maka Y mengalami peningkatan sebesar 0,257, dengan asumsi tidak ada penambahan (konstan) nilai X1.

    BalasHapus
  17. Mas mau tanya, skripsi saya judulnya hubungan pengetahuna dan sikap dengan kepatuhan. Berarti dua independent satu dependent, analisa nya saya boleh pakai crosstabs chi square atau harus pakai regresi logistik ganda ? Terima kasih

    BalasHapus
  18. mas mw tanya kalaw f hitung < f tabel dan t hitung< t tabel kaya pa mas saya pake spss 20
    hipo say 1.mencari pengaruh secara simultan
    2.mencari yang dominan ..tolong dibantu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tabelnya mas dapat download dulu ditribusi nilai tabel t dan F.. pengaruh simultan dengan uji F..mencari variabel dominan dengan melihat nilai betanya mas...

      Hapus
  19. trus mas klw hasil regresi liniear berganda nya seperti ini Y = 16,561+0,174x1+0,084x2-0,121x3 kaya pas mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seperti itu mas.. berarti arah pengaruh x1 dan x2 terhadap y adalah arah positif..sedangkan x3 terhadap y adalah pengaruh negatif.

      Hapus
  20. kk.saya mau tnya
    jika hasil uji F = 1.50E4
    ITU ap artinya ya? angka e juga muncul dalam variabel laen.Makasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1,50E4 artinya adalah 0,0000000000000000 mas

      Hapus
  21. Pak numpang tanya, data bapak diatas kan untuk 1 tailed pak....tolong buat sperti diatas untuk 2 tailed juga pak. thanks

    BalasHapus
  22. Mau tanya pak, kalau Y, X1, X2 dst terdiri dari beberapa indikator atau beberapa nilai karena satu variabel terdiri dari beberapa pertanyaan, nah analisisnya yang dipakai itu kebanyakan adalah nilai jumlah per variabel. kalau pakai nilai rata2 nya kira2 bisa nggak pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Petanyaan bagus.. Boleh memakai nilai rata-rata atau skor totalnya pak.. tapi hasilya sama kok pak.. biasanya yang beda hanya di kolom Constantanya pak.. kesimpulannya BOLEH

      Hapus
  23. maaf pak mau tanya penjelasan tabel dari R, R square, B, Beta apa yah pak detail nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. R = Kofisien Korelasi (Hubungan)
      RSquare = Koefisien diterminasi (Pengaruh)
      B = Pesamaan Regresi
      Beta = Untuk melihat variabel mana yang paling dominan berpengaruh.. mudah2 detail ya mas..

      Hapus
  24. Mas Sahid, maaf mau nanya kenapa ya dengan metode stepwise ada variabel yang dikeluarkan padahal probabilitas/ signifikansi pada tabel pada output correlation 0.02. kan 0.02 < 0.05. sya pake tingkat signifikansi 5%. mohon infonya, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak saya mau nanya...jika koefisien regresi hasilnya -,009 dengan taraf signifikan 0,99. Itu bacanya gimana ya pak. Makasih

      Hapus
  25. Mas Sahid yang saya hormati karena telah ingin berbagi ilmu, mau nanya mas : Kok koefisien X2 saya tidak muncul di kolom koefisien yah, yg ada hanya konstanta Dan X1.
    Kira2 knapa yah mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali..pada kotak dialog Linear Regression pada bagian Method pilih Enter pak

      Hapus
  26. Permisi mas, saya mau tanya. Penelitian saya mengenai manajemen laba, pertanyaan saya. kenapa nilai coefficients B variabel independen penelitian saya hasilnya -1.128E10. Apakah nilai minus tsb benar? serta maksud dari huruf E itu apa? Apakah nantinya nilai -1.128E10 dimasukan kedalam model manajemen laba. Mohon penjelasannya mas, Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas.. e itu karena jumlah angkanya banyak atau jika angka e = 0

      Hapus
  27. Mas mau tanya ini hasilnya tabel coeficcient dan anova utk X1 saya knpa gak muncul ya? Mksdnya kan digambar diatas utk cooficientnya dan anovanya ada 2 baris ( 1 dan 2) tp pas praktekkan Cuma ada X2 (sanksi perpajakan) odhal sdh ikut langkah2nya ..mohon bantuannya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada bagian method pilih enter pak buka stepwise

      Hapus
    2. pak saya juga maslahnya sama seperti itu, jadi nanti yang digunakan dalam uji itu Enner dong pak buka STEPWISE, mohon pak ditulis cara"nya, saya bingung. makasih pak. mohon responnya.

      Hapus
  28. Pak.. Saya ingin bertanya.. Di skripsi saya, saya memakai uji regresi berganda.. Tapi x2 (harga) tidak berpengaruh dengan y (keputusan pembelian) , dan x1 ( kualitas produk) berpengaruh dengan y (keputusan pembelian). Saya sudah buat persamaan regresi nya yaitu Y= 11,134 +0,545(X1) +0,049(X2). Bagaimana cara buat keterangan nya pak ? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barang kali ini yang mas butuhkan
      a = 11,134 menyatakan bahwa jika X1 dan X2 tetap (tidak mengalami perubahan) maka nilai konsistensi Y sebesar 11,134.
      b1 = 0,545 menyatakan bahwa jika X1 bertambah, maka Y akan mengalami peningkatan sebesar 0,545, dengan asumsi tidak ada penambahan (konstanta) nilai X2.
      b2 = 0,049 menyatakan bahwa jika X2 bertambah, maka Y mengalami peningkatan sebesar 0,049, dengan asumsi tidak ada penambahan (konstan) nilai X1.

      Hapus
  29. Pak.. Saya ingin bertanya.. Di skripsi saya, saya memakai uji regresi berganda.. Tapi x2 (harga) tidak berpengaruh dengan y (keputusan pembelian) , dan x1 ( kualitas produk) berpengaruh dengan y (keputusan pembelian). Saya sudah buat persamaan regresi nya yaitu Y= 11,134 +0,545(X1) +0,049(X2). Bagaimana cara buat keterangan nya pak ? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya jawab pada komentar mbak di atas.. terimakasih kembali

      Hapus
  30. malam mas, klu nilai konstanta saya hanya 0.39 tidak mencapai 1, itu bisa benar ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kok mbak.. saya kira itu tidak masalah walaupun skala data mbak nimimalnya 1.. karena dibeberapa kasus justru malah adata yang minus nilai konstantanya

      Hapus
  31. Mas, mohon bantuannya,,,
    Penyebab variabel bebas nilainya negatif kira-kira apa ya???
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebabnya adalah distribusi data pada variabel bebas cenderung kecil sedangkan variabel terikat cenderung besar

      Hapus
  32. mas.. mau tanya, penyebab t menjadi negatif apa ya.. krn sy liat data saya naik trus rata2 tiap tahunnya, tp kok masih negatif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebabnya adalah tidak konsisten antar dara veriabel x dengan variabel Y

      Hapus
  33. Pak, mohon pencerahan kalo Variabel X-nya X1.1, X1.2, X1.3, X1.4, X2.1, X2.2, X2.3, X2.4
    dan Variabel Y-nya Y.1, Y.2, Y.3, Y.4, bagaimana langkah mengolahnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang bapak maksud total x1, total x2 terhadap Y

      Hapus
  34. Assalamualaikum mas mau tanya.untuk uji asumsi klasik menggunakan Skor total variabel, apakah total variabel yg tidak valid diikutsertakan juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam,, yang tidak valid tidak ikut dihitung skor totalnya.. skor total yang dipakai hanyalah penjumlahan dari item item yang valid saja

      Hapus
  35. Mas mau nanya kenapa saya yg keluar hanya hasil x1 dan y saja, padahal sudah mengikuti semua tutorial diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutorial ini adalah uji regresi stepwise,, agar muncul x1 dan x2 maka pada bagian method pilih entered

      Hapus
  36. Malam Mas Sahid, saya pakai method stepwise dan hasilnya variabel x2 dan x3 dibuang, x1 berpengaruh sedangkan kalau diganti dengan method enter semua variabel berpengaruh. Kenapa seperti itu ya? Terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  37. terima kasih. sangat membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimasih kembali.. semoga dapat membantu

      Hapus
  38. Mas saya mau tanya, bagaimana menghitung regresi berganda jika nilai Y nya itu belom diketahui.
    Saya buat penelitian tentang pengaruh kualitas website trhadap kepuasan pengguna dgn metode webqual, variabelnya X1 (usability), X2 (info quality) X3 (servise quality) dan Y (kepuasan). Terimakasih mohon penjelasannya ..

    BalasHapus
  39. assalamualaikum, pak bgmn jika nilai konstanta negatif tapi nilai x1 dan x2 positif. bgmn penjelasannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam, jika terdapat dua kriteria pengaruh positif dan negatif maka idealnya tidak pelru di uji simulatan atau F

      Hapus
  40. Assalamualaikm.. Maaf mas mau tanya.. Knp hasil t hitung dan sig. Menggunakan method stepwise dengan entered berbeda? Klo pke method stepwise cara menentukan uji t nya gmn ya?

    BalasHapus
  41. Terima kasih banyak, lewat blog ini saya terbantu dalam mengerjakan skripsi. Yang awalnya lupa dengan mata kuliah statistika sekarang jadi lebih paham. Materinya sistematis dan lengkap jadi mudah dimengerti. Sekali lagi terima kasih banyak, Tuhan memberkati. Sukses untuk kita semua...

    BalasHapus
  42. solusi supya gak multikol gimana ya mas

    BalasHapus
  43. Selamat malam pak. Mau tanya, itu untuk anova testnya pakai yang one way atau gmn pak? terimakasih

    BalasHapus
  44. Mas saya mau tanya.. untuk uji spss jika variabel x nilainya konstan mempengaruhi variabel y itu caranya gmn ya.. kasusnya paparan timbalyg nilainya sama untuk seluruh sampel dgnnkadar hb.

    BalasHapus
  45. mas mau tanya, hasil regresi saya adalah Y= 2,235 + 0,867x1 + 0,776x2. Perntanyaan saya bagaimana cara mengembalikan nilai koefesien tersebut ke angka real? data saya adalah skala rasio, x1 =presentase, x2 dan y adalah angka dalam Rp. Terimakasih mas

    BalasHapus
  46. Mas kalo regresi berganda constant saya 0,399+0,325x1
    Itu tidak masalah kan mas? Karena saya make skala likert 1-5

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah mbak.. wajar wajar aja.. lanjutkan

      Hapus
  47. ass mas sahid bisakah kasih sedikit info mengolah data regresi berdasarkan nilai rata2,,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa mbak.. toh hasilnya juga akan sama.. yang beda hanya pada nilai konstanta

      Hapus
  48. selamat malam pak Sahid, saya ingin bertanya jika ada variabel yang tidak masuk ke dalam tabel entered removed bagaimana interpretasinya pak? dalam penelitian saya ada X1, X2, X3 dan X4. tetapi X3 tidak masuk. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  49. assalamualaikum mas, saya mau tanya dari hasil pengujian untuk uji t saya dari ke empat variabel independent cuma yang berpengaruh cuma satu, dan yang ketiga tidak berpengaruh. sedangkan untuk uji f nya tidak berpengaruh.apakah ada keselahan ? dan bagaimananya cara membuat keterangannya ? terima kashi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.. berarti memang hanya 1 variabel yang berpengaruh.. saya kira itu tidak jadi masalah mbak

      Hapus
  50. hasil regresi berganda saya ini pak Y = 1.077 + 0,449X1 + 0,177X2 + 0,166X3 + 0,165X4 + 0,170X5itu ada yang berpengaruh atau tidak nya diliat dari mana nya ya?
    cara buat keterangannya gmn pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bapak tulis di atas adalah persamaan regresi pak. sedangkan untuk melihat variabel mana yang berpengaruh terhadap Y maka dapat membandingkan nilai signifikansi < 0,05, atau membandingkan nilai t hitung > t tabel pak

      Hapus
  51. Permisi, saya mau tnya
    Sy coba analisis regresi ganda. di tabel summary, anova dan koefisien yang muncul hanya model 1 yaitu nilai X2 terhadap Y, sdgkan X1 tdk.
    apakah itu berarti tidak ada hubungan atau pengaruh secara bersama-sama terhadap Y?
    terima kasih jawabanny

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengetahui pengaruh secara bersama sama atau pengaruh simultan variabel bebas. perlu dilakukan uji F : Lihat penjelasan bagian 5 di atas

      Hapus
  52. Balasan
    1. Salam Super pak.. terimakasih telah mampir

      Hapus
  53. Saya mau bertanya. Apabila t hitung -0,067 dengan probabilitas 0,947. Artinya prob > 0,05. Itu artinya tidak berpengaruh scr signifikan gt ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbak.. karena signifikansi atau probabilitas 0,947 > 0,05, maka kesimpulannya variabel x tidak berpengaruh terhadap variabel y

      Hapus
    2. saya mau bertanya, jika jdulnya pengaruh konsntrasi terhadap daya hambat bakteri, metode penelitiannya dan analisa datanya, apa bang ? beserta alasn memilihny

      Hapus
  54. Mas mau tanya kalau saya membahas mengenai pengaruh modal terhadap laba dgn objek 5 perusahaan selama 6 tahun bagaimana input datanya ya mas? Apa langsung diinput saja sejumlah 30 tanpa melihat jenis perusahaan dan tahunnya? Terimakasih

    BalasHapus
  55. pak saya tanya, kalau mau mencari hubungan y1 dan y2 bagaimana sedangkan x hanya 1? pake korelasi atau regresi? terima kasih

    BalasHapus
  56. mas saya mau tanya, kalau di uji linear berganda pada bagian tabel model summary khusunya di kolom Adjusted R Square hasilnya minus, apakah berpengaruh terhadap analisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika nilai adjusted R Square bernilai negatif maka mengindikasikan tidak adanya pengaruh.. namun itu tergantung nilai signifikansi pada F nya juga mbak

      Hapus
  57. saya mau bertanya mas, judul skripsi saya Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas x dalam pembelajaran bahasa indonesia di smk saintika pekanbaru, nah saya menggunakan angket dengan skala jawaban YA dan TIDAK, yang saya bingungkan, jawaban mana yang akan dimasukkan ke dalam spss nya? jika dimasukkan keduanya, bagaimana cara membedakannya mas? mohon bantuaannya mas, terima kasih..

    BalasHapus
  58. mas, saya mau nanya.. judul skripsi saya Faktor yang mempengaruhi motivasi belajara kelas X dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMK Saintika Pekanbaru, saya menggunakan angket dengan skala YA dan TIDAK, nahh jawabannya sudah diisi oleh siswa, yang saya bingungkan, yang diambil jawaban YA atau TIDAKnya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban ya diberi nilai 1 dan jawaban tidak diberi dilai 0, nanti untuk regresi pakai skor total jawaban responden atas pertanyaan kuesioner

      Hapus
  59. Mas mau tanya kalau hasil regresinya Y = 5,326 + 0,221X1 + 0,269X2 + 0,147X3 – 0,288X4 + 0,238X5 + e itu interpretasinya gimana ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. prisipnya sama saja kok pak interpretasinya dengan panduan di atas

      Hapus
  60. Punten pak. Kalo misal kuesioner itu yg dipakai sebagai variabel adalah nilai rata2 dari pertanyaan responden atau jumlah pertanyaan tiap responden ya pak? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh pakai nilai rata-rata dari jawaban respnden atau boleh pakai skor total jawaban responden

      Hapus
  61. mas gimana yahh cara ambil filenya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibaca untuk dipelajari kok pak

      Hapus
  62. saya mau tanya, apakah jika saya menggunakan metode backward hasilnya akan sama dengan stepwise? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasilnya sama saja pak.. dalam arti tidak mempengaruhi hasil baik itu menggunakan metode stepwise maupun metode backward

      Hapus
  63. sangat bermanfaat, referensi saya utk ujian tesis. dari bbrp raferensi yg saya baca, yg ini yg paling saya mengerti. terimakasih banyak pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama semoga tulisan ini bisa bermanfaat

      Hapus
  64. permisi mas, saya ingin bertanya. dalam skripsi saya terdapat variabel moderator. dari analisis regresi yang saya lakukan, di dapatkan konstanta nilai b negatif(dalam regresi terdapat 3 variabel prediktor, yaitu variabel x, moderator dan interaksi variabel x dan moderator, apakah tanda negatif itu juga berarti bahwa semakin tinggi variabel moderator saya maka y akan rendah? terima kasih.

    BalasHapus
  65. Malam mas mau tanya ni, penjelasan diatas klo ada koefisien misal -9,679E-005, misal nya itu X3 jdi penulisan koefisien regresinya -0,097 benar ato salah mas? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh seperti itu kok pak abdullah yaksan

      Hapus
  66. selamat malam pak , apakah jumlah data variabel dependen dan independen boleh berbeda pak , misalnya hubungan jumlah permintaan dan umur , jadi jumlah permintaannya sebanyak 15 data ( 15 tahun ) dan umur sebanyak 50 data ( 50 Responden )

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam analisis regresi idealnya menggunakan responden yang sama pak

      Hapus
  67. Assalamualaikum mas..
    Kalau variabel x3 saya tidak berpengaruh terhadap y karna nilai sig > 0,05. Apakah itu terjadi masalah dgn penelitian saya? Apakah akan mempengaruhi dari kevalidan suatu data?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam mas... tidak masalah berarti memang x3 tidak bepengaruh terhadap variabel terikat atau y

      Hapus
  68. mas Sahid Raharjo, saya mau menanyakan untuk regresi linear berganda untu data saya adalah hasil perhitungan (rasio) dengan banyak data (2 baris), sedangkan variabel independent saya ada 4 variabel, bagaimana tahapan menentukan nilai tiap variabel,?
    apakah dalam satu analisis langsung keluar nilai semua per variabel atau bagaimana ?

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum mas Sahid Raharjo, nanya dikit donk tentang regresi, hehe
    Ketika hasil uji t atas 2 variabel memiliki arah hubungan yang berbeda (positif dan negatif), bagaimana ya untuk uji dominannya?
    Terima kasih sebelumnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam.. berarti memang kombinasi antara pengaruh positif dan negatif atau boleh juga tidak usah pakai uji F karena variabel bebas berbeda arah pengaruhnya dengan variabel terikat

      Hapus
  70. assalamualaikum mas kalau pada persamaan x nya ada yg minus tetap berpengaruh signifikan tdk? bagaimana implementasinya ya misal
    y= 1,233 + 0,25x1 - 0.33x2 + 0,14x3 ? sedangkan signya semua <0,05

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam, kalau persamaan regresinya bernilai minus maka itu masuk kriteria pengaruh negatif. pengaruh negatif juga dilihat apakah nilainya signifikan atau tidak

      Hapus
  71. mas mau tanya, jika data linier sederhanya ada pengaruh, tapi di regresi gandanya itu di coefficientnya sig beda dari yg di anova, itu kenapa ya mas? dan solusinya seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lakukan uji regresi linear sederhana jika mbak memakai 2 atau lebih variabel independent atau X. Pengaruh parsialnya pakai uji t dalam regresi berganda

      Hapus
  72. Mas kok sig F change pd regresi ganda gak bisa 0.00 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bearti memang tidak ada hubungan simultan pak

      Hapus
  73. mas sahid, kalo ho nya di tolak barti ga ada pengaruh secara parsial var x terhadap var y ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho ditolak atau nilai signifikansi > 0,05 maka tidak ada pengaruh variabel bebas atau X terhadap variabel terikat atau Y

      Hapus
  74. Mas, kalo nilai konstanta pada regresi linier berganda nilainya negatif gimana ya? Judul penelitian saya pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah kok mbak..jika yang negatif nilai konstantanya..itu wajar..sering kali nilai konstanta itu bisa dimaknai bisa juga tidak..yang terpenting adalah nilai variabel independen signifikan

      Hapus

Pengunjung yang baik pasti meninggalkan komentar yang bijak dan membangun, terimakasih