Google+ Followers

Site Info

Home » , » Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS | Seperti yang kita ketahui bersama bahwa analisis regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh antara veriabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen). Namun, berbeda dari biasanya contoh kasus kali ini yaitu analisis regresi dilakukan dengan menambah satu variabel lagi yakni variabel modetator atau variabel moderating. Pada dasarnya variabel moderator adalah variabel independen yang dapat memerkuat atau memperlemah hubungan diantara variabel independen terhadap variabel dependen | Baca : Teori Varibel Penelitian | Variabel moderating dapat dilihat pada contoh judul penelitian di bawah ini.
Judul Penelitian : “Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Manajerial dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating”

Kerangka Pemikiran dalam Kasus ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Keterangan :
  • Partisipasi Anggaran (x1) sebagai Variabel Independen.
  • Komitmen Organisasi (x2) sebagai Variabel Moderating.
  • Kinerja Manajerial (Y) sebagai Variabel Dependen.
  • Catatan : Variabel Komitmen Organisasi akan memperkuat hubungan antara Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Manajerial, oleh karena itu Komitmen Organisasi berperan sebagai variabel moderating.
Sampai disini mudah-mudahan cukup jelas ya tentang apa yang dimaksud dengan varibel moderating. Selanjutnya, saya akan memperlihatkan data penelitian untuk kasus Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS. Adapun data penelitiannya sebagai berikut.

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

(Download Data) : Password : 17

Keterangan: Data x1*x2 adalah perkalian antara x1 dengan x2, dan data ini diisi oleh 15 orang responden.

Terdapat dua persamaan regresi pada kasus soal moderating ini, yaitu :
Y = a + b1x1…………………………………(1)
Y = a + b1x1 + b2x2 + b3x1x2……..……(2)

Pengolahan data dengan SPSS dilakukan dua kali :
  • Penggolahan data menggunakan analisis regresi sederhana untuk persamaan regresi 1
  • Penggolahan data menggunakan analisis regresi berganda untuk persamaan regresi 2
Langkah-Langkah Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

1. Buka lembar kerja SPSS, kemudian klik Variabel View, pada bagian Name tuliskan Y, x1, x2, dan x1x2, selanjutnya pada bagian Label tuliskan Kinerja Manajerial (Y), Partisipasi Anggaran (x1), Komitmen Organisasi (x2), Partisipasi Anggaran*Komitmen Organisasi (x1x2), abaikan saja untuk pilihan lainnya

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

2. Selanjutnya, klik Data View, dan masukkan data penelitian di atas

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

3. Untuk mengolah data dalam kasus ini, saya melakukan dua kali analisis regresi.

REGRESI PERTAMA (Sederhana) : dari menu SPSS klik Analyze – Regression – Linear, kemudian masukkkan Kinerja Manajerial (Y) ke kotak Dependent dan Partisipasi Anggaran (x1) pada kotak Independent(s), sehingga tampak di layar sebagai berikut

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Klik Ok

• REGRESI KEDUA (Berganda) : caranya masih sama yakni klik Analyze – Regression – Linear, kemudian masukkkan Kinerja Manajerial (Y) ke kotak Dependent dan Partisipasi Anggaran (x1), Komitmen Organisasi (x2), Partisipasi Anggaran*Komitmen Organisasi (x1x2), pada kotak Independent(s), sehingga tampak di layar sebagai berikut ini

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Klik Ok

4. Setelah langkah di atas selelasi dilakukan maka akan mucul dua output regresi, seperti gambar di bawah ini.

Output Regresi Pertama

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Output Regresi Kedua

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Analisis Regresi Variabel Moderating dan Membuat Kesimpulan

Nilai R2 pada regresi pertama sebesar 0,741 atau 74,1% sedangkan setelah ada persamaan regresi kedua nilai R2 naik menjadi 0,809 atau 80,9%. Dengan melihat hasi di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Komitmen Organisasi (Variabel Moderating) akan dapat memperkut hubungan Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Manajerial.

Akhirnya sukses juga cara melakukan Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS, akhir kata selamat mencoba dan semoga berhasil.. Ws.Wr.Wb :D

Baca Juga : Uji Regresi Sederhana SPSS dengan Lengkap

Search : Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS | Cara Analisis Regresi Variabel Moderator dengan SPSS Versi 21 | Langkah-Langkah Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS | Uji Regresi Satu Variabel Moderating Menggunakan SPSS

23 komentar:

  1. mas apakah uji normalitas, autokorelasi, heteroskedastisitas untuk variabel moderating sama seperti variabel independen?

    ReplyDelete
  2. mas jika saya mempunyai 2 variabel moderasi, anggap saja m1 dan m2, apakah sebaiknya regresi kedua variabel moderasi tersebut terpisah atau dapat dijadikan 1 seperti ax1 + bm1 + cm2 + dx1*m1 + ex1*m2? Apakah hasil regresinya akan berbeda apabila regresi kedua moderasi tersebut dipisahkan menjadi model yang berbeda? Terima kasih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak rumit juga ya pertanyaanya..hehe.. maaf saya pas mbak belum bisa menjawab.. atau mungkin diperjelas lagi dengan judul dan model regresinya mbak??

      Delete
  3. Replies
    1. Sama-sama mudahan bermanfaat mbak dan salam kenal

      Delete
  4. Assalamaulaikum kang, kalau variabe independentnya 1 tapi bertingkat misalkan dikodenya (0,1,2,3) dan dependentnya cuma (0,1) itu cara bacanya sama kaya diataas bisa pake regresi linear?

    ReplyDelete
  5. mas sahid, kalau datanya berbentuk kuesioner dan terdiri dari beberapa pertanyaan, cara menghitung moderatingnya gimana ya mas?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. memakai skor total dari item-item kuesionernya pak.. namun skor totalnya dipisah-pisah pervariabel..

      Delete
  6. mas, jika data yang digunakan 2 variabel Y dan 1 variabel X, menggunakan analisis apa, trus gmn cara mengolah data menggunakan regresi 2x ya mas?
    terima kasih mas atas waktunya...

    ReplyDelete
  7. makasih infonya bang harjo. sngat membantu

    ReplyDelete
  8. apakah uji variabel moderasi hanya melihat nilai R squarenya? bagaimana dengan uji hipotesisnya? hasil uji regresi sederhana saya (regresi pertama) menunjukkan pengaruh X1 ke Y negatif signifikan, namun hasil uji regresi berganda saya (stlh memasukkan variabel X1, X2 dan X1*X2) menunjukkan pengaruh X1 ke Y dan X2 ke Y menjadi positif signifikan, bagaimana penjelasannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau seperti itu, setau saya artinya variabel moderasi medorong variabel x1 ke arah positif mbak

      Delete
  9. Assalamualaikum, saya mau bertanya mas,saya sedang nyusun skripsi dengan judul analisis pelayanan uptd terhadapa kepuasan nelayan, dengan 5 variabel independen, yang saya mau tanya adalah ketika kita menggunakan rumus regresi linear berganda kan ada variabel dependen yaitu Y adalah nilai kepuasan nelayan.itu nilai Y nya di dapat dari mana mas? mohon pencerahan nya.syukran

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam,, idealnya nilai kepuasan nelayan atau y diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden atau sample penelitian

      Delete
  10. Makasih infonya Pak. Semoga jadi amal jariyah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. terimakasih mbak. semoga bermanfaat

      Delete
  11. bermanfaat sekali, kalo seperti contoh diatas, berarti uji norma, hero, multi, dan autonya serba 2 dong ?

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik pasti meninggalkan komentar yang bijak dan membangun, terimakasih