Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS | Seperti yang kita ketahui bersama bahwa analisis regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh antara veriabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen). Namun, berbeda dari biasanya contoh kasus kali ini yaitu analisis regresi dilakukan dengan menambah satu variabel lagi yakni variabel modetator atau variabel moderating. Pada dasarnya variabel moderator adalah variabel independen yang dapat memerkuat atau memperlemah hubungan diantara variabel independen terhadap variabel dependen | Baca : Teori Varibel Penelitian | Variabel moderating dapat dilihat pada contoh judul penelitian di bawah ini.
Judul Penelitian : “Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Manajerial dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating”

Kerangka Pemikiran dalam Kasus ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Keterangan :
  1. Partisipasi Anggaran (x1) sebagai Variabel Independen.
  2. Komitmen Organisasi (x2) sebagai Variabel Moderating.
  3. Kinerja Manajerial (Y) sebagai Variabel Dependen.
  4. Catatan : Variabel Komitmen Organisasi akan memperkuat hubungan antara Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Manajerial, oleh karena itu Komitmen Organisasi berperan sebagai variabel moderating.

Sampai disini mudah-mudahan cukup jelas ya tentang apa yang dimaksud dengan varibel moderating. Selanjutnya, saya akan memperlihatkan data penelitian untuk kasus Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS. Adapun data penelitiannya sebagai berikut.

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

(Download Data)

Keterangan: Data x1*x2 adalah perkalian antara x1 dengan x2, dan data ini diisi oleh 15 orang responden.

Terdapat dua persamaan regresi pada kasus soal moderating ini, yaitu :
Y = a + b1x1…………………………………(1)
Y = a + b1x1 + b2x2 + b3x1x2……..……(2)

Pengolahan data dengan SPSS dilakukan dua kali :
  1. Penggolahan data menggunakan analisis regresi sederhana untuk persamaan regresi 1
  2. Penggolahan data menggunakan analisis regresi berganda untuk persamaan regresi 2

Langkah-Langkah Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

1. Buka lembar kerja SPSS, kemudian klik Variabel View, pada bagian Name tuliskan Y, x1, x2, dan x1x2, selanjutnya pada bagian Label tuliskan Kinerja Manajerial (Y), Partisipasi Anggaran (x1), Komitmen Organisasi (x2), Partisipasi Anggaran*Komitmen Organisasi (x1x2), abaikan saja untuk pilihan lainnya

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

2. Selanjutnya, klik Data View, dan masukkan data penelitian di atas

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

3. Untuk mengolah data dalam kasus ini, saya melakukan dua kali analisis regresi.

REGRESI PERTAMA (Sederhana) : dari menu SPSS klik Analyze – Regression – Linear, kemudian masukkkan Kinerja Manajerial (Y) ke kotak Dependent dan Partisipasi Anggaran (x1) pada kotak Independent(s), sehingga tampak di layar sebagai berikut

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Klik Ok

• REGRESI KEDUA (Berganda) : caranya masih sama yakni klik Analyze – Regression – Linear, kemudian masukkkan Kinerja Manajerial (Y) ke kotak Dependent dan Partisipasi Anggaran (x1), Komitmen Organisasi (x2), Partisipasi Anggaran*Komitmen Organisasi (x1x2), pada kotak Independent(s), sehingga tampak di layar sebagai berikut ini

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Klik Ok

4. Setelah langkah di atas selelasi dilakukan maka akan mucul dua output regresi, seperti gambar di bawah ini.

Output Regresi Pertama

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Output Regresi Kedua

Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS

Analisis Regresi Variabel Moderating dan Membuat Kesimpulan

Nilai R2 pada regresi pertama sebesar 0,741 atau 74,1% sedangkan setelah ada persamaan regresi kedua nilai R2 naik menjadi 0,809 atau 80,9%. Dengan melihat hasi di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Komitmen Organisasi (Variabel Moderating) akan dapat memperkut hubungan Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Manajerial.

Akhirnya sukses juga cara melakukan Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS, akhir kata selamat mencoba dan semoga berhasil.. Ws.Wr.Wb :D

Baca Juga : Uji Regresi Sederhana SPSS dengan Lengkap

Search : Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS | Cara Analisis Regresi Variabel Moderator dengan SPSS Versi 21 | Langkah-Langkah Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS | Uji Regresi Satu Variabel Moderating Menggunakan SPSS

78 Responses to "Analisis Regresi dengan Variabel Moderating dalam SPSS"

  1. Tinggalkan jejak anda.. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAS saya mau tanya, kalo uji beda nggak paired t ts nggak bisa ya di tambah moderasi? kalo seumpama ditambah moderasi berarti saya nguji dulu kan make regresi, nah nanti modelnya saya yang bingung

      Hapus
  2. mas apakah uji normalitas, autokorelasi, heteroskedastisitas untuk variabel moderating sama seperti variabel independen?

    BalasHapus
  3. mas jika saya mempunyai 2 variabel moderasi, anggap saja m1 dan m2, apakah sebaiknya regresi kedua variabel moderasi tersebut terpisah atau dapat dijadikan 1 seperti ax1 + bm1 + cm2 + dx1*m1 + ex1*m2? Apakah hasil regresinya akan berbeda apabila regresi kedua moderasi tersebut dipisahkan menjadi model yang berbeda? Terima kasih mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak rumit juga ya pertanyaanya..hehe.. maaf saya pas mbak belum bisa menjawab.. atau mungkin diperjelas lagi dengan judul dan model regresinya mbak??

      Hapus
  4. jazakillah khoir ilmunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mudahan bermanfaat mbak dan salam kenal

      Hapus
  5. Assalamaulaikum kang, kalau variabe independentnya 1 tapi bertingkat misalkan dikodenya (0,1,2,3) dan dependentnya cuma (0,1) itu cara bacanya sama kaya diataas bisa pake regresi linear?

    BalasHapus
  6. mas sahid, kalau datanya berbentuk kuesioner dan terdiri dari beberapa pertanyaan, cara menghitung moderatingnya gimana ya mas?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. memakai skor total dari item-item kuesionernya pak.. namun skor totalnya dipisah-pisah pervariabel..

      Hapus
  7. mas, jika data yang digunakan 2 variabel Y dan 1 variabel X, menggunakan analisis apa, trus gmn cara mengolah data menggunakan regresi 2x ya mas?
    terima kasih mas atas waktunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul..regresi linear sederhana dilakukan 2 kali x terhadap y1 dan s terhadap y2

      Hapus
  8. makasih infonya bang harjo. sngat membantu

    BalasHapus
  9. apakah uji variabel moderasi hanya melihat nilai R squarenya? bagaimana dengan uji hipotesisnya? hasil uji regresi sederhana saya (regresi pertama) menunjukkan pengaruh X1 ke Y negatif signifikan, namun hasil uji regresi berganda saya (stlh memasukkan variabel X1, X2 dan X1*X2) menunjukkan pengaruh X1 ke Y dan X2 ke Y menjadi positif signifikan, bagaimana penjelasannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau seperti itu, setau saya artinya variabel moderasi medorong variabel x1 ke arah positif mbak

      Hapus
  10. Assalamualaikum, saya mau bertanya mas,saya sedang nyusun skripsi dengan judul analisis pelayanan uptd terhadapa kepuasan nelayan, dengan 5 variabel independen, yang saya mau tanya adalah ketika kita menggunakan rumus regresi linear berganda kan ada variabel dependen yaitu Y adalah nilai kepuasan nelayan.itu nilai Y nya di dapat dari mana mas? mohon pencerahan nya.syukran

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam,, idealnya nilai kepuasan nelayan atau y diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden atau sample penelitian

      Hapus
  11. Mo nanya sebenarnya utk disebut sebagai variabel moderating kriterianya apa ya mas??
    TErimakasih

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum mas, sebelumnya dalam skripsi saya terdapat variabel X1, X2, X3 (variabel moderating) dan Y. yang saya ingin tanyakan langkah mana yang saya akan lakukan terlebih dahulu apabila saya ingin merubah data saya dalam bentuk logaritma natural ? apakah saya transform terlebih dahulu moderating1 dan moderating2 atau rubah datanya dalam bentuk Ln setelah itu baru ditransform moderating1 dan moderating2 ?
    Mohon dibantu untuk jawabannya, terimakasih

    BalasHapus
  13. mas sahid, ada kontak line atau no hp tidak, mau nanya2a tentang moderating biar lebih jelas

    BalasHapus
  14. assalamu'alaikum,
    Pak kalau variabel x ada 3, dan y ada 1. itu cara perhitungannya bagaimna ya? misalkan hasil untuk sig lebih besar dari 0,05 sulusinya seperti apa? terima kasih

    BalasHapus
  15. permisi mas, saya ingin bertanya, apakah pengaruh variabel moderating hanya dilihat dari R Square saja? perlukah kita memperhatikan signifikansi variabel moderating? terima kasih

    BalasHapus
  16. punya saya variabel x1 x2 x3 y z(moderasi)
    apa dikolom independen ditambah : x1z x2z dan x3z?
    mohon bantuannya.. terima kasih..

    BalasHapus
  17. terima kasih pencerahannya...

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum mas..
    saya mau tanya, Kalau pervariabel itu pakai data untuk 5 tahun gimana ya mas? saya meneliti di BEI.

    BalasHapus
  19. terimakasih mas sahid raharjo,.. sangat membantu sekali ,..oiya mas sya ingin tanya juga kalau di moderasi itu ada variabel kontrol bisa ga ya mas?? jadi y=a+b1x1+b2x2+b3x1x2+b4,.. ada beberapa jurnal juga yang tidak menggunakan uji asumsi klasik untuk variabel moderasi tersebut,.. apakah itu bisa ya mas?

    BalasHapus
  20. Makasih infonya Pak. Semoga jadi amal jariyah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. terimakasih mbak. semoga bermanfaat

      Hapus
  21. mas kalo ada variabel moderasi, waktu uji normalitas, multikol, hetero itu interaksi antara variabel moderasi dengan independen dimasukkan di kolom independen atau tidak.?

    BalasHapus
  22. bermanfaat sekali, kalo seperti contoh diatas, berarti uji norma, hero, multi, dan autonya serba 2 dong ?

    BalasHapus
  23. mas mau bertanya, analisis regresi variabel moderating kn ada macam2 jenisnya. saya mengambil yg uji residual karena di uji yg lain MRA & uji nilai absolut akn cenderung terjadi multikolonieritas. dalam uji resiudal ini, suatu variabel dikatakan variabel moderating kalau hasilnya negatif dan signifikan (berarti kalau positif signifikan, itu menunjukkan variabel itu bukan pemoderasi). nah pertanyaannya untuk tau variabel moderasi itu memperkuat atau memperlemah hubungan jika apa mas? (dalam uji residual)

    BalasHapus
  24. Aamiin mbak.. semoga bermanfaat

    BalasHapus
  25. Pak sahid pada saat kapan kita membutuhkan untuk menguji autokorelesi, heteroskedastisitas? apakah selalu dipakai disetiap kita melakukan penelitian khusunya untuk penelitian kuantitatif?

    BalasHapus
  26. Mas kalau yg dimoderasi lebih dari satu variabel independen, berarti harus dihitung sendiri2 ya? Atau ada persamaan baru yang bisa langsung menggabungkan variabel independen (<1) dgn variabel moderasinya

    BalasHapus
  27. selamat sore pak,
    sebelumnya mohon maaf.. saya mau bertanya terkait alat analisis, saya mendapatkan tugas metodologi penelitian.. jika saya mempunyai judul pengaruh rotasi audit dan audit tenure terhadap kualitas audit,dengan fee audit sebagai variabel moderating.. untuk alat analisis data yang digunakan apa saja ya pak? apakah salah satunya dengan menggunakan analisis yang telah dipaparkan diatas? saya sudah mencoba mencari-cari tetapi masih bingung langkah menganalisisnya.hehe
    mohon bantuannya ya pak..
    terima kasih pak.

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum Kang, model analisis variabel X-Y dengan variabel moderator yang paling tepat dan detail apa ya ? alternatif selain dengan MRA. kalo bisa beserta kelebihan dan kelemahan masing2 metode. hehe..terima kasih

    BalasHapus
  29. min mau tanya. ada nggak artikel yang nyebutkan untuk menguji pengaruh moderasi apakah memperkuat atau memperlemah dengan R square?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh diatas menunjukkan bahwa variabel moderator dapat memperkuat hubungan dalam arti pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen

      Hapus
  30. Selamat malam saya mau bertanya apakah untuk 4 variable X1 X2 Y Z dapat menggunakan cara yang sama seperti yang diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika seperti itu saya kira lebih tepat menggunakan analisis jalur

      Hapus
  31. mas kalau variabel moderating apakah di uji validitas juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus di uji validitas dan reliabilitas mbak

      Hapus
  32. Perkenalkan, saya iim mahasiswi yg sedang mengerjakan zkripsi. Saya mau tanya kalo moderasi / interaksinya ada 2 (AP*KO dan AP*IA) apa itu pengujian mra nya sendiri" ? Apa digabungkan ?
    Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  33. maaf mas numpang nanya, untuk persamaan dengan 2 variabel x dan 1 variabel moderasi sperti apa yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti persamaan di atas pak.. contoh yang kedua

      Hapus
  34. pak saya mau bertanya.
    apabila variabel independen berpengaruh negatif, lalu interaksi antara var.moderasi*var independen nilainya positif apakah itu memperkuat atau memperlemah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nila koefisien determinasi menigkat atau menurun setelah adanya variabel moderator?? jika meningkat maka variabel moderator dapat memperkuat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat

      Hapus
  35. jika saya memiliki tiga 2 variabel independent, 1 variabel moderating, 1 variabel dependent. jika saya melakukan uji residual bukan uji interaksi (MRA). bagaimana model penelitian saya?? terimakasih banyak.

    BalasHapus
  36. klo analisis jalur path dengan menggunakn variabel moderator itu gimna ya

    BalasHapus
  37. jika terjadi multikol, dibiarkan atau dicoba dengan ln? kalo dicoba dengan ln hasil x1 gak berpengaruh, seharusnya gimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak beperangaruh itu tidak apa apa, asalkan lolos uji asumsi klasik mbak

      Hapus
  38. Mw tanya kalau menggunakan variabel moderisasi tapi menghitungnya menggunakan regresi logistik gimana

    BalasHapus
  39. Asalmualaikum. Pak saya mau tanya, kalau hasil koefisiennya berlawan , dimana nilai sig signifikan sedangkan hasil t-hitung tdk signifikan. Kesimpulannya bagaimana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.. saya belum pernah mengalami yang demikian itu.. umumnya hasi dari perhitungan signifikansi tidak akan berselisih dengan hasil perbandingan nilai hitung dengan nilai tabel.. saran saya mbak balas berapa nilai sig dan nilai t tabelnya biar saya bisa bantu

      Hapus
  40. Mas... mau tanya utk analisis regresi,
    Menentukan dependent dan independen gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk uji yang bertujuan pengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen maka disebut dengan Uji Regresi Linear Sederhana dengan SPSS

      Hapus
  41. Mas,saya kalau regresi sederhana bisa gak variabel moderatingnya diuji dengan MRA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya bagaimana ini mbak?? hehe

      Hapus
  42. Assalamualaikum
    Mohon bantuannya, apakah bisa menjelaskan apakah ada syarat2 atau alasan mengapa suatu penelitian moderating menggunakan uji interaksi, bukan uji selisih mutlak ataupun uji residual. terima kasih :)

    BalasHapus
  43. assalamuallaikum wr.wb...bang saya mw nanya jika dlm variabel moderat dgn uji residual, pada hasil pengujian dngan adanya variabel moderat koefisiennya menurun namun negatif it bgmna pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.. apakah maksudnya dengan adanya variabel moderasi maka pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen cenderung menurun??

      Hapus
  44. Assalamualaiku. Wr.Wb
    Pak bisa mnta g paswordnya ?
    lagi sangat membutuhkan...
    Pleaseeeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.. untuk keamanan Password dapat mbak lihat di Facebook Belajar Istiqomah

      Hapus
  45. Ass.wr.wb senang rasanya bisa bergabung dgn saudara orang yg kompten dibidangnya, Pada saat ini saya ada masalah pak bgn..saya melakukan analisis regresi logistik berganda dan ada interaksi antara variabel 2 variabel independen bgmn caranya pak...tk

    BalasHapus
  46. Selamat siang pak. Mohon bantuannya. Skripsi saya terdapat variabel independen 2 dan variabel moderating 1. Saya sudah coba uji MRA dengan di running dalam spss secara bersama-sama dengan hasil transform dengan moderatnya. namun tidak lulus uji multiko. Bagamaina cara mengatasinya ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sebelumnya sudah di transformasi dan masih tidak lolos..maka sebaiknya mbak melakukan outlier terhadap data penelitiannya

      Hapus
  47. Assalamualaikum mas saya mau tanya kalau variabel moderasi pake regresi sederhana atau regresi berganda ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..menggunakan regresi sederhada dan berganda.. nilai di regresi sederhana akan dibandingkan dengan regresi berganda..apakah ada peningkatan atau penurunan derajat pengaruh

      Hapus
  48. Assalamualaikum mas, mas gimana menganalisis variabel moderasi yg menggunakan regresi logistik? mohon bantuannya mas..terimakasih sblumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..untuk panduan analisis regresi logistik belum saya buatkan mbak..Inshaallah secepatnya..terimakasih

      Hapus
  49. Assalammualaikum pak, saya menggunakan gender sebagai variabel moderasi (dummy). Ujinya apakah x mempengaruhi y, dengan gender sbg moderasi. Apakah langkahnya sama dengan yg di atas jga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja bisa pak sebagaimana cara di atas..ini hanya soal variabelnya saja kok yang beda

      Hapus
  50. assalamu'alaikum.

    pak saya ingin bertanya..

    saya memiliki variabel bebas X1 X2 dan X3 , variabel Y serta variabel moderasi Z..

    apa pada uji asumsi klasik juga menggunakan uji multikolinieritas? atau hanya normalitas dan heterokedastisitas sj?

    terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..uji asumsi klasik selain menggunakn uji normalitas, uji heteroskedastisitas, juga menggunakan uji multikolinearitas mbak

      Hapus

Pengunjung yang baik pasti meninggalkan komentar yang bijak dan membangun, terimakasih