Google+ Followers

Site Info

Home » » Teori Variabel Penelitian

Teori Variabel Penelitian

Teori Variabel Penelitian | Variabel penelitian adalah apa yang menjadi fokus dalam suatu penelitian. Variabel dalam penelitian sering kali digambarkan dengan X dan Y. X biasanya adalah variabel bebas sedangkan Y adalah variabel terikat. Dalam postingan kali ini kita akan membahas secara detail tentang Pengerian Variabel Penelitian dan Macam-Macam Variabel Penelitian beserta penjelasannya. Berikut adalah Teori Variabel Penelitian dari beberapa pakar metodologi.

Teori Variabel Penelitian menurut Sugiyono [2011:60-64]
Variabel Penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk mempelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. dilihat dari hubungan variabel satu dengan variabel yang lain, maka macam-macam variabel dalam penelitian dibedakan menjadi Variabel independent, Variabel dependen, Variabel moderator, Variabel intervening, Variabel control.
  • Variabel independent adalah variabel bebas atau variabel yang mempengaruhi variabel terikat. 
  • Variabel dependen adalah variabel terikat atau variabel yang dipengaruhi oleh keberadaan variabel bebas. 
  • Variabel moderator adalah variabel yang menentukan kuat lemahnya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. 
  • Variabel intervening adalah variabel yang memberikan jeda antara variabel bebas dengan variabel terikat, sehingga variabel bebas tidak langsung mempengaruhi variabel terikat. 
  • Variabel control adalah variabel yang membuat konstan hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat sehingga variabel terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti.
Teori Variabel Penelitian menurut Budiyono [2009:4-5]
Variabel diartikan sebagai kontruk-kontruk atau sifat-sifat yang diteliti. Dapat pula dikatakan bahwa variabel adalah sesuatu yang menggolongkan anggota-anggota kelompok ke dalam beberapa golongan. Dapat pula dikatakan bahwa variabel adalah suatu sifat yang dapat dimiliki bermacam nilai (harga). Apabila suatu variabel hanya mempunyai satu nilai saja, maka variabel tersebut disebut konstanta.
Suatu variabel disebut diskrit apabila cacah nilainya berhingga atau nilai-nilainya dapat di daftar. Apabila cacah nilainnya tidak berhingga dan nilai-nilainya tidak dapat di daftar maka variabel tersebut disebut kontinu.

Teori Variabel Penelitian menurut Arikunto [2010:161]
Variabel adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian.

Demikian artikel dengan judul Teori Veriabel Penelitian semoga dapat bermanfaat. Untuk postingan berikutnya akan di bahas mengenai Metode Pengumpulan Data.

[Sumber rujukan : Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta | Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press | Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta]

1 komentar:

Pengunjung yang baik pasti meninggalkan komentar yang bijak dan membangun, terimakasih