Triangulasi Sebagai Teknik Pengumpulan Data

Triangulasi Sebagai Teknik Pengumpulan Data | Triangulasi dalam sebuah penelitian penting dilakukan jika meneliti benar-benar menginginkan data yang akurat. Dalam pengumpulan data penelitian sering dijumpai ketidaksamaan antara data yang diperoleh dari narasumber satu dengan yang lain. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu teknik yang dapat membuat data yang berbeda tersebut, agar dapat ditarik kesimpulan yang pasti dan akurat. Untuk memperdalam pemahaman kita tentang Triangulasi Sebagai Teknik Pengumpulan Data simak penjelasan Sugiyono (2011:330) berikut ini.

Triangulasi diartikan sebagai teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Bila peneliti melakukan pengumpulan data dengan triangulasi, maka sebenarnya peneliti mengumpulkan data yang sekaligus menguji kredibilitas data, yaitu mengecek kredebilitas data dengan berbagai teknik pengumpulan data dan berbagai sumber data.

Triangulasi Teknik, berarti peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak. Lihat gambar triagulasi teknik berikut.

Triangulasi Sebagai Teknik Pengumpulan Data

Triangulasi sumber berarti, untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Lihat gambar triagulasi sumber berikut.

Triangulasi Sebagai Teknik Pengumpulan Data

Susan Stanback (1988) menyatakan bahwa tujuan dari triangulasi bukan untuk mencari kebenaran tentang beberapa fenomena, tetapi lebih pada peningkatan pemahaman peneliti terhadap apa yang telah ditemukan.

Sekian artikel dengan judul Triangulasi Sebagai Teknik Pengumpulan Data.

[Sumber rujukan : Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta]

7 Responses to "Triangulasi Sebagai Teknik Pengumpulan Data"

Pengunjung yang baik pasti meninggalkan komentar yang bijak dan membangun, terimakasih